Tips Menghasilkan Foto Bagus saat Mendaki Gunung

Diposting pada

rekamjejak — Traveling dan Fotografi merupakan satu paket. Hampir tidak ada traveler yang tidak melakukan foto-foto saat melakukan traveling, termasuk saat melakukan pendakian. Pemandangan di gunung tentunya sudah indah apalagi di dukung dengan teknik fotografi yang baik, maka akan menghasilkan landscape gunung yang jauh lebih indah. Setiap orang memiliki cara tersendiri untuk memuji karya Tuhan. Seorang traveler memuji-Nya dengan menjelajah ke berbagai tempat. Penulis, memuji karya-Nya melalui rangkaian kata-kata. Begitu juga dengan fotografer, berusaha menyampaikan Mahakarya Tuhan yang indah dengan sudut yang berbeda.

Memotret indahnya gunung memang gampang-gampang susah, terlebih bagi fotografer yang belum pernah mendaki. Karena ini akan menjadi tantangan tersendiri untuk mengambil foto di gunung dan tentunya membutuhkan persiapan yang lebih matang. Sementara bagi pendaki (bukan fotografer) yang hanya menjadikan fotografi sebagai kegiatan sampingan, hasilnya tentu tidak sebagus fotografer profesional. Namun anda jangan minder, status bukan fotografer profesional bukan berarti tidak bisa menghasilkan foto yang keren. Mari coba beberapa tips berikut ini saat mendaki agar menghasilkan foto yang bagus.

Memperhatikan Waktu Pendakian

Untuk mendapatkan hasil foto yang bagus, anda harus memperhatikan waktu pendakian. Tentunya anda paham bahwa tekanan udara yang rendah di gunung sering kali menghasilkan kabut yang mengganggu pemandangan. Belum lagi ketika musim hujan, peluang untuk mendapatkan hasil foto yang bagus sangat kecil. Tipsnya, mendakilah saat cuaca sedang cerah atau anda bisa bersabar untuk menunggu sampai bulan Juni-Agustus dimana pemandangan di gunung sedang bagus-bagusnya.

Baca Juga: Mau Traveling? Barang Ini Wajib Kamu Bawa

Mempertimbangkan Penggunaan Kamera DSLR

Mendapatkan hasil foto yang bagus tidak selalu dengan DSLR karena saat ini kamera smartphone sudah semakin canggih dan tentunya mudah dibawa karena fisiknya yang lebih kecil. Tapi dalam beberapa kasus kamera DSLR tetap dibutuhkan, terlebih tujuan anda mendaki gunung untuk memproduksi foto. Dalam hal ini, anda harus bisa mengatur kapan harus membawa kamera DSLR  atau tidak.

Jangan Malas Mencari Momen

Bagaimana mungkin bisa mendapatkan foto yang bagus jika anda malas mencari momen? karena kejelian fotografer dalam mengabadikan momen menjadi kunci utama untuk menghasilkan foto bagus dan keren. Pemandangan di gunung pada dasarnya sudah bagus, namun ada beberapa momen yang membuat pemandangan di gunung terlihat lebih cantik. Misalnya saat sunrise, tidak mungkin anda mendapatkan foto yang bagus dengan hanya tidur di tenda. Rasa malas untuk bangun dan keluar tenda akan membuang kesempatan anda untuk mengabadikan momen indah di gunung.

Mengambil Foto dari Sudut yang Berbeda

Foto yang diambil dari sudut yang berbeda akan memberikan nilai lebih dibandingkan foto yang diambil dari angel serta tempat yang sangat mainstream. Cobalah untuk memotret tempat yang tidak biasa sehingga anda bisa mendapatkan foto yang berbeda.

Bagi Pengguna Smartphone, Gunakanlah Fitur Panorama serta Efek Lensa

Tidak masalah jika anda tidak mempunyai kamera DSLR. Manfaatkan smartphone canggih anda dengan memaksimalkan fitur yang ada. Salah satu fitur yang bisa anda gunakan yaitu fitur panorama. Untuk hasil yang lebih maksimal, anda juga bisa mempertimbangkan menggunakan efek lensa yang bisa anda beli di toko-toko kamera dengan harga yang terjangkau.

Baca Juga: 10 Alasan Kenapa Mendaki Gunung Bisa Membuatmu Ketagihan

Mempertimbangkan Penggunakan Tripod

Mempertimbangkan penggunaan tripod bisa anda lakukan, misalnya ingin membuat video time lapse atau menunggu momen sunrise ketika cuaca sedikit berawan. Dengan bantuan tripod, foto yang anda hasilkan akan lebih stabil. Namun risiko yang didapatkan yaitu perjalanan anda sedikit repot dengan membawa tripod yang cukup berat. Pandai-pandailah saat packing jika anda ingin membawa tripod.

Mengasah Kreativitas dengan Mencoba Sesuatu yang Berbeda

Dalam dunia fotografi, kreativitas seorang fotografer sangat dibutuhkan untuk menghasilkan foto yang indah. Ketika anda di gunung, tentunya anda memiliki banyak kesempatan untuk berkreasi dengan kamera. Anda bisa menghasilkan foto milky way ketika malam hari dengan memanfaatkan ribuan bintang di langit, serta anda bisa memanfaatkan pantulan sinar oranye matahari saat subuh untuk mendapatkan foto yang indah. Silahkan berkreasi dengan kamera anda, karena tidak ada larangan untuk itu.

Itulah tips mendapatkan foto yang bagus di gunung. Gunakanlah kreativitas anda ketika di gunung untuk mendapatkan foto yang bagus. Asalkan jangan sampai mengotori gunung yang pada dasarnya sudah indah dan asri. Jangan lupa bawa kembali sampah anda. Explore terus keindahan Indonesia dan salam LESTARI!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *