Tips Memilih Sleeping Bag yang Baik untuk Mendaki Gunung

Diposting pada

rekamjejak — Bagi anda para pendaki tentunya sudah tidak asing dengan barang yang satu ini yaitu sleeping bag (kantung tidur). Sleeping bag merupakan barang wajib yang harus dibawa saat mendaki gunung, dimana fungsi utamanya yaitu menghangatkan badan ketika sedang tidur. Jika peralatan tidur memadai, maka tidur anda akan maksimal. Anda tentu tidak sering terbangun karena merasakan kedinginan dan terbebas dari hipotermia. Jadi jangan sepelekan peralatan tidur anda. Nah, berikut ini saya akan membagikan tips memilih sleeping bag yang baik agar tidur anda nyaman dan aman.

Kenali Bentuk Sleeping Bag

Sleeping bag terbagi dalam dua macam yaitu sleeping bag dengan bentuk mumi dan bentuk selimut/tikar. Kebanyakan orang yang suka traveling atau backpacker lebih menyukai sleeping bag bentuk tikar/selimut karena bisa dialihfungsikan sebagai selimut ataupun sebagai alas. Sedangkan mereka yang hobi melakukan aktivitas di alam bebas seperti mendaki gunung lebih memilih sleeping bag mumi. Ada juga sleeping bag yang memiliikibentuk dengan lubang pada tangan, tentunya sleeping bag ini membuat penggunanya lebih mudah bergerak dibandingkan dengan model mumi ataupun tikar.

Mengenal Bahan Sleeping Bag

Umumnya bahan sleeping bag terdiri dari 2 macam yaitu terbuat dari serat sintetis  dan berbahan dari bulu angsa. Bahan yang terbuat dari serat sintetis memiliki kelebihan cepat mengering, hal ini tentu sangat dimungkinkan jika anda mendaki gunung dengan curah tinggi. Kekurangan dari sleeping bahan serat sintetis yaitu akan lebih tebal ketika packing serta memiliki berat yang lebih dibandingkan dengan sleeping bahan bulu angsa. Sleeping bag sintetis dibagi menjadi 3 yaitu sleeping bag polar, dacron dan perpaduan dari polar dan dacron. Sementara sleeping bag bulu angsa memiliki kelebihan yaitu lebih ringkas ketika di packing serta memberikan kehangatan yang lebih baik jika dibandingkan dengan sleeping bag sintetis.

Pilihlah Sleeping Bag yang Mempunyai Penutup Kepala

Ketika anda memutuskan untuk bermalam di gunung, pastikan sleeping bag anda mempunyai penutup kepala untuk mencegah hipotermia. Terutama penutup bagian telinga agar tidak terpapar suhu yang dingin, karena bagian telinga inilah yang sangat sensitif dengan udara dingin.

Baca Juga: Pendaki Harus Punya! Ini Dia 6 Daftar Merek Jaket Gunung Terbaik

Pastikan Sleeping Bag Mempunyai Resleting yang Baik

Ketika anda ingin membeli sleeping bag, resleting menjadi salah satu hal yang harus dipertimbangkan. Pilihlah sleeping bag dengan resleting ukuran rit yang kecil atau lebih rapat. Mengapa demikian? karena resleting dengan ukuran yang besar otomatis celah untuk masuknya udara juga semakin besar.

Sesuaikan dengan Budget Anda

Jika anda mempunyai uang lebih, tidak masalah jika ingin membeli sleeping bag dengan harga yang tinggi dan kualitasnya teruji. Contohnya sleeping bag merk jack wolf skin. Namun bagi anda yang memiliki budget pas-pasan jangan khawatir, karena anda bisa membeli sleeping bag produksi dalam negeri yang meiliki harga lebih bersahabat. Brand dalam negeri yang kualitasnya juga bagus yaitu eiger dan consina.

Itulah tips memilih sleeping bag yang baik versi rekamjejak. Pilihlah sleeping bag yang membuat anda nyaman dan aman serta sesuai dengan budget yang anda punya. Semoga bermanfaat dan salam LESTARI!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *