10 Tempat Wisata di Mojokerto Favorit Traveler!

Diposting pada

Tempat Wisata di Mojokerto — Mojokerto dikenal sebagai tempat yang penuh dengan nilai sejarah. Tidak heran rasanya jika Mojokerto dijadikan sebagai salah satu tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan. Bagi masyarakat sekitar seperti Surabaya, Pasuruan, Malang, tentunya tidak asing dengan Tempat Wisata di Mojokerto. Jika kalian punya rencana untuk berlibur ke Mojokerto, jangan khawatir akan keindahannya karena Kabupaten ini memiliki cukup banyak destinasi yang bisa di kunjungi, mulai dari pegunungan, wisata air terjun, wisata sejarah dan masih banyak lagi lainnya.

Daftar Tempat Wisata di Mojokerto yang Siap Memanjakan Mata Terpopuler 2020

Mojokerto menyimpan sejuta keindahan alam yang tersembunyi dan masih banyak orang yang belum mengetahui akan pesona yang dimilikinya. Untuk memudahkan kalian mencari wisata mana yang cocok untuk dikunjungi, ini dia beberapa destinasi wisata Mojokerto yang wajib kalian kunjungi.

Maha Vihara Mojopahit

Credit Image: @asli_mojokerto

Wisata Mojokerto yang pertama ini berdiri sejak tahun 1987 dan berdiri di atas lahan seluas 2.000 meter persegi dengan konsep bangunan ala Jawa dan memiliki atas Joglo. daya tarik utama dari wisata ini yaitu adanya patung Budha tidur. Patung ini memiliki warna emas dengan panjang 22 meter dan tinggi 4,5 meter serta memiliki lebar 6 meter. Patung Budha ini menjadi salah satu ikon di Mojokerto. Banyaknya wisatawan yang berkunjung karena ingin mengabadikan momen dengan berlatar belakang Patung Budha yang sangat mirip dengan wisata terkenal di Thailand yaitu Wat Pho Temple. Tentu hal ini sangat menarik, karena kita tidak perlu pergi ke Thailand untuk mendapatkan spot Patung Budha Tidur, cukup dengan mengunjungi Maha Vihara Mojokerto, kalian sudah bisa merasakan sensasi liburan ala Thailand.

Fasilitas umum yang ditawarkan juga terbilang lengkap, diantaranya toilet umum, mushola, area parkir , tempat ibadah untuk umat Budha, tempat makan serta tempat oleh-oleh bagi kalian yang ingin membeli buah tangan untuk saudara ataupun teman. Gimana, cukup lengkap bukan?

Wisata ini buka mulai pukul 07:30 Wib – 17:00 Wib. Sementara untuk biaya masuknya, kalian hanya perlu membayar biaya sumbangan dana kebersihan dan perawatan lokasi sebesar Rp 3.000 untuk anak-anak dan Rp 4.000 untuk dewasa. Perlu diingat, biaya masuk bisa saja berubah-ubah sesuai ketentuan dari pihak pengelola wisata. Oh ya, ada biaya parkir juga sebesar Rp 3.000 untuk roda dua dan Rp 10.000 untuk roda empat. Bagaimana, cukup murah bukan untuk mendapatkan sensasi liburan yang menyenangkan dan menarik?

Lokasi: Jl. Trowulan, Bejijong, Trowulan, Mojokerto

Bumi Perkemahan Dlundung

Credit Image: @pamungkasane

Buat kalian yang sudah bosan di rumah aja, ini dia rekomendasi Tempat Wisata di Mojokerto yang akan memberikan sensasi liburan tak biasa. Setelah melakukan beragam aktivitas sehari-hari, baiknya kita refresh pikiran dengan traveling. Jika kalian ingin traveling, namun tidak memiliki cukup banyak waktu, maka Camping atau berkemah di alam bebas adalah pilihan terbaik. Salah satu bumi perkemahan favorit di Mojokerto yaitu Dlundung.

Fasilitas yang ditawarkan yaitu berupa toilet, area parkir, mushola dan tentunya hutan lindung seluas 1.600 Ha untuk kalian berkemah. Disini kalian juga bisa menikmati Air Terjun Dlundung yang berjarak sekitar 200 meter dari pintu masuk Bumi perkemahan Dlundung. Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 50-60 meter dan berada di ketinggian 760 mdpl. Sumber air terjun Dlundung berasal dari pegunungan Welirang dan aliran airnya tidak terlalu deras karena masih membentur dinding berundak.

Jika kalian berniat untuk Camping di Dlundung, baiknya hindari saat musim liburan atau saat pendaftaran mahasiswa baru, karena akan banyak kegiatan yang melibatkan banyak orang sehingga suasananya tidak nyaman. Bumi perkemahan ini seringkali dijadikan sebagai tempat Diklat suatu organisasi yang kebanyakan mahasiswa. Jadi, jika kalian ingin liburan yang tenang dan nyaman, baiknya hindari hal tersebut.

Untuk bisa masuk kawasan bumi perkemahan, kalian hanya perlu membayar sebesar Rp 3.000 per orang dan ditambah biaya parkir sebesar Rp 1.000 untuk roda dua dan Rp 2.000 untuk roda empat. Estimasi biaya tersebut bisa saja berubah-ubah yaa gaes, sesuai dengan ketentuan pihak pengelola.

Lokasi: Desa Ketapanrame, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto

Candi Bajang Ratu

Credit Image: @viewmojokerto

Candi Bajang Ratu merupakan salah satu tempat wisata sejarah yang ada di Mojokerto dan merupakan salah satu peninggalan kerajaan Majapahit. Berdasarkan namanya, bajang memiliki arti kerdil. Sehingga Bajang Ratu ini maksudnya Raja Jayanegara yang dinobatkan sebagai raja kerajaan Majapahit saat masih kecil. candi ini berbentuk gapura yang terbuat dari batu bata merah, yang saat ini difungsikan sebagai pintu masuk para peziarah yang datang.

Jika kalian sedang berkunjung ke Mojokerto, tidak ada salahnya mengunjungi Candi Bajang Ratu, kalian bisa berfoto sepuasnya dengan spot-spot yang instagenik. Tidak hanya itu, kalian juga bisa berkunjung ke situs-situs sejarah lainnya di sekitar Candi Bajang Ratu dengan biaya masuk hanya Rp 3.000 tiap candinya.

Lokasi: Dusun Kraton, Desa Temon, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto

Baca Juga: Lagi Ngehitz! Tempat Wisata di Surabaya Terbaru 2020

Gunung Penanggungan

Credit Image: @pendaki__amatir

Bagi kalian yang sudah rindu rebahan di atas ketinggian, yuk mampir ke Gunung Penanggungan yang lokasinya di Mojokerto. Saat ini mendaki bukan hanya disukai oleh kalangan anak muda, tetapi orang dewasa juga. Tujuan mereka mendaki berbeda-beda tiap individu. Ada yang hanya sekedar menghilangkan penat, sekedar hobi, ingin mendekatkan diri dengan alam, bahkan ada yang sekedar ingin berfoto dan mempostingnya di sosial media. Terlepas dari tujuan tersebut, ada hal yang lebih utama yaitu bisa kembali ke rumah dengan selamat.

Untuk mendaki gunung Penanggungan terdapat 4 jalur pendakian yang bisa kalian pilih. Rata-rata waktu yang ditempuh untuk sampai di puncak sekitar 3-6 jam perjalanan.

Untuk mendaki gunung ini ada empat jalur pendakian yang bisa dijalani. Biasanya rata – rata waktu yang dibutuhkan oleh pendaki gunung berpengalaman adalah sekitar 3 sampai dengan 6 jam perjalanan. Di jalur pendakian, kalian akan menjumpai spot menarik seperti situs purbakala, petirtaan, tempat semedi serta bangunan candi kuno. Gunung yang memiliki ketinggian 1.653 mdpl ini sering disebut miniatur dari gunung Semeru.

Di area puncaknya juga terdapat padang savana yang bisa kalian manfaatkan untuk berkemah ataupun dijadikan latar belakang untuk berfoto. Untuk bisa mendaki gunung Penanggungan, kalian akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 10.000 – Rp 20.000 dan biaya parkir Rp 5.000. Biaya retribusi bisa berubah-ubah ya gaes, tergantung kebijakan pihak pengelola.

Lokasi: Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto

OBECH Rafting Mojokerto

Credit Image: @henky_7

Obech rafting menjadi salah satu penyedia jasa rafting di Pacet sekaligus venue outbound dan camping. Lokasinya berada di tengah hutan yang dulunya disebut hutan bandulan, dimana hutan ini ditumbuhi pohon pinus sehingga memberikan suasana sejuk. Jika kalian ingin mencari ketenangan sekaligus keseruan, maka Obech Rafting adalah pilihan terbaik yang merangkum semuanya.

Untuk aktivitas outbound, obech menyediakan 2 lahan yaitu lahan A yang berada di atas dengan daya tampung sekitar 200 – 300 orang. Sementara lahan B berada di bawah dan mampu menampung sekitar 50-100 orang. Tidak hanya itu, obech rafting mempunyai pendopo terbuka yang bisa kalian gunakan untuk santai ataupun makan dengan teman, keluarga atau rekan kerja. Jika kalian merasa lapar, jangan khawatir karena di sekitar area camping terdapat beberapa warung makan. Rasa lapar kalian akan terselamatkan disana, haha.

Jika kalian ingin menikmati fasilitas Obech Rafting, syarat utamanya yaitu kalian harus berkelompok sesuai dengan paket yang kalian pilih. Jika kalian ingin memacu adrenalin dengan rafting, datanglah dengan 6-10 orang dengan biaya Rp 225.000 dengan durasi 3-4 jam. Biaya yang kalian keluarkan tentunya sebanding dengan apa yang kalian dapatkan disana.

Lokasi: Jl. Pacet Cangar KM No.1, Sajen, Pacet, Mojokerto

Pacet Mini Park Mojokerto

Credit Image: @destinasiku.com

Bagi kalian yang ingin menikmati akhir pekan dengan keluarga, maka Pacet Mini Park sangat cocok untuk kalian kunjungi. Wisata yang satu ini menawarkan pemandian buatan yang dilengkapi dengan beragam wahana permainan. Buat kalian yang suka tantangan, maka bermain seluncuran yang cukup panjang menjadi pilihan yang tepat. Tidak hanya itu, terdapat beberapa spot foto dengan bentuk dinosaurus serta dinding pahatan yang bisa kalian manfaatkan untuk latar berfoto.

Bisa dikatakan, Pacet Mini Park ini banyak digemari oleh wisatawan, tidak hanya karena wahana permainannya yang lengkap, tetapi juga lokasinya yang mudah untuk diakses, serta fasilitas wisata yang cukup memadai. Wisata ini beroperasi mulai dari Sabtu – Kamis mulai pukul 08:00 Wib – 17:00 Wib. Untuk tiket masuknya dibeda-bedakan yaa gaess, tergantung wahana yang ingin dituju. Kisaran harga untuk bisa menikmati Pacet Mini Park ini mulai dari Rp 5.000 – 50.000 per orang.

Lokasi: Desa Warugunung, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Mojokerto

Pemandian Air Panas Padusan

Credit Image: @fadhilatulkp

Pernah dengar kalau di Mojokerto terdapat pemandian air panas yang bisa menyembuhkan penyakit kulit? Jika belum, mari simak sedikit penjelasan dari saya mengenai Pemandian Air Panas Padusan. Menurut informasi yang beredar, air ini mengandung zat belerang dan telah terbukti bisa mengobati penyakit kulit. Tidak hanya itu, disini juga terdapat fasilitas untuk kalian relaksasi tubuh. Rasa pegal-pegal karena aktivitas bekerja akan hilang dengan berendam di air panas ini.

Fasilitas umum lainnya yang bisa kalian nikmati yaitu toilet, warung makan, area parkir serta hotel dan restoran juga ada disini. Pemandian air panas padusan dibuka untuk umum setiap hari mulai dari pukul 09:00-23:00 Wib. Untuk urusan tiket masuk, kalian hanya perlu membayar sebesar Rp 12.500 saja per orang. Bagaimana, sangat terjangkau bukan?

Lokasi: Desa Padusan, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Mojokerto

Air Terjun Grenjengan

Credit Image: @vickyds__

Jika kalian berkunjung ke Pemandian Air Panas Padusan, jangan lupa melipir sedikit untuk menikmati Air Terjun Grenjengan. Lokasi air terjun ini masih satu kawasan dengan pemandian air panas Padusan, jadi sangat disayangkan jika kalian melewatkan kesempatan itu. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter, cukup tinggi namun aliran airnya cenderung tidak terlalu deras.

Kondisi air yang mengalir tergantung dari cuaca. Saat musim kemarau, aliran airnya cukup jernih, sedangkan di musim penghujan, airnya agak keruh dan sangat tidak bersahabat. Untuk sampai di air terjun ini, kalian harus jalan kaki sekitar 10 menit pada umumnya. Tapi pas waktu saya kesana sekitar 30 menit, karena kebanyakan berhenti. Paling gak bisa liat tanah landai, apalagi pemandangannya keren, haha. Oh iya, untuk tiket masuknya sangat murah. Dulu sih Rp 5.000 per orang, tapi sekarang sudah naik harga sekitar Rp 8.000 per orang. Masih sangat murah kan, gaess? Gimana, tertarik untuk berkunjung?

Lokasi: Desa Padusan, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Mojokerto

Claket Adventure Park Mojokerto

Credit Image: @en_juniarthi

Banyak yang belum mengetahui wisata Claket Adventure Park Mojokerto. Objek wisata yang satu ini sangat populer karena spot fotonya yang instagenic. Tidak hanya itu, tempat ini juga menawarkan wahana petualangan yang seru dan menantang. Hal ini sesuai dengan namanya yaitu adventure park yaitu taman petualangan. Lokasinya yang berada di dataran tinggi menjadi nilai tambah bagi wisata ini. Kalian akan dimanjakan dengan suasana yang sejuk dan nyaman, karena memang lokasinya dikelilingi oleh pepohonan rindang yang siap memanjakan mata.

Ada beberapa spot yang bisa kalian nikmati, diantaranya Rainbow Hammock, Lembah Cinta, Jurang Jomblo, Torsi Tower, Ayunan Tepi Jurang, Sewa Tenda, Camping Ground, Rumah Tarzan dan Water Tubing. Tidak hanya itu, wisata ini juga menyediakan Flying Fox, Taman Kelinci dan masih banyak lagi.

Objek wisata petualangan ini buka setiap hari mulai pukul 08:00 Wib – 17:00 Wib. Untuk tiket masuknya kalian perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 10.000 per orang dan biaya parkir roda dua Rp 5.000 serta untuk roda empat Rp 10.000. Oh iya, untuk menikmati wahana di wisata ini kalian harus mengeluarkan uang tambahan sekitar Rp 10.000 – Rp 125.000 untuk sewa tenda. Hampir semua wahana ada biaya tambahan, tetapi ada juga yang membayarnya secara sukarela, salah satunya Rumah Tarzan. Gimana, tertarik untuk berkunjung? Bagi kalian yang penasaran, nih saya kasih alamatnya.

Lokasi: Dusun Claket, Kecamatan Pacet, Mojokerto.

Puncak Watu Jengger

Credit Image: @indozonetravel

Adakah diantara kalian yang suka mendaki gunung? Atau kalian ingin merasakan sensasi mendaki gunung tetapi takut ketinggian? Atau mungkin, kalian ingin mendaki tetapi tidak punya banyak waktu? Saya tahu solusinya, Puncak Watu Jengger adalah pilihan yang tepat untuk kalian yang tidak punya waktu liburan banyak dan sangat cocok untuk pemula yang ingin merasakan sensasi mendaki gunung. Ketinggiannya tidaklah ekstrim dan memang banyak orang yang berminat untuk mendaki puncak ini.

Puncak Watu Jengger memiliki ketinggian sekitar 1.100 mdpl dan dikelilingi oleh hutan vegetasi yang asri. Tidak heran rasanya jika bukit ini diselimuti oleh kabut putih yang memberikan suasana sejuk, ditambah lagi dengan view Puncak Jengger yang memukau.

Kabar baiknya, untuk menuju puncak Watu Jengger sangatlah mudah. Bagi kalian pendaki pemula hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam saja, sedangkan bagi mereka yang sudah terbiasa mendaki bisa sampai puncak dalam waktu 1 hingga 1,5 jam.

Untuk tiket masuknya, kalian hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 10.000 per orang. Sangat murah bukan dengan fasilitas alami yang ditawarkan di Puncak Watu Jengger? Oh iya, bagi kalian yang turun dengan membawa sampah, kalian akan diberikan stiker oleh petugas sebagai bentuk penghargaan. Gimana, keren bukan?

Lokasi: Desa Nawangan, Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Mojokerto.

Baca Juga: Bikin Rindu, Ini Dia Tempat Wisata di Batu Malang 2020!

Bagaimana, sudah tertarik untuk mengunjungi Tempat Wisata di Mojokerto? Yuk, Segera agendakan dengan teman-teman, rekan kerja ataupun dengan keluarga kalian. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan di tempat wisata dengan membuang sampah pada tempatnya dan tidak mencorat-coret apapun. Hal ini bertujuan agar tempat wisata tetap terjaga untuk anak cucu kita di masa depan. Selamat berlibur dan explore terus keindahan Indonesia!

4 komentar.

  1. wah apik apik
    aku pengen ke candi bakang ratu
    tapi aku pernah ke candi jedong
    apik juga mbak candinya di pegunungan

    di pacet juga bagus-bagus ya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *