Tempat Wisata di Batu Malang

Bikin Rindu, Inilah Tempat Wisata di Batu Malang 2020

Diposting pada

Tempat Wisata di Batu Malang –¬†Adakah diantara kalian yang telah merencanakan untuk berpetualang ke suatu daerah? atau bahkan sudah ada yang membeli tiket? kemudian dengan sangat terpaksa membatalkan semuanya dan tiket hangus? Ya, saya rasa kita senasib, semenjak virus Corona menyerang Indonesia. Tapi kalian tidak perlu sedih, dibalik pandemi ini ada hikmah yang bisa kita ambil.

Sembari di rumah saja, ada baiknya melihat beberapa rekomendasi Tempat Wisata di Batu Malang yang akan saya bagikan, tentunya bisa sedikit mengobati rasa rindu kalian untuk berpetualang. Mengapa saya merekomendasikan Batu Malang? Perlu kalian ketahui, Batu merupakan sebuah kota di Jawa Timur yang memiliki sejuta pesona dan pemandangan alam yang menakjubkan, serta masih banyak wisata yang tersembunyi sehingga banyak orang yang belum mengetahui akan keindahan yang dimiliki. Ada banyak wisata yang bisa kalian kunjungi, mulai dari situs budaya, tempat bersejarah, spot foto yang kekinian hingga beberapa air terjun yang mampu memanjakan mata.

Daftar Tempat Wisata di Batu Malang yang Siap Memanjakan Mata Terpopuler 2020

Artikel ini dibuat untuk memudahkan pembaca setia Rekamjejak dalam mencari informasi mengenai tempat wisata di batu malang. Berikut ini, saya ulas secara singkat beberapa tempat wisata di batu yang wajib kalian explore:

Jatim Park I

Credit Image: @devift

Tempat Wisata di Batu Malang pertama yang bisa kalian kunjungi yaitu Jatim Park I. Wisata yang satu ini menjadi salah satu wisata favorit di Batu, karena memliki banyak wahana permainan dan hiburan yang bisa kalian nikmati. Terdapat sekitar 36 wahana yang menarik untuk kalian coba, diantaranya Air Borne Shot, Volcano Coaster, Pendulum dan Sky Swinger.

Bagi kalian yang suka dengan beberapa wisata pengetahuan atau science, ada beberapa bagian yang bisa kalian coba, diantaranya outdoor science centre, learning gallery dan chemical dan biology science centre. Tidak hanya itu, Jatim Park I juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti outlet makanan dan minuman, pasar buah, pasar wisata, pasar sayur dan galeri bunga. Terdapat juga nursery room, mushola, klimik serta toilet.

Jam buka Jatim Park I yaitu setiap hari mulai pukul 08:30 wib – 16:30 wib. Lalu, berapa harga tiket masuknya? untuk harga tiket masuk Jatim Park I yaitu Rp 55.000 untuk weekday dan Rp 75.000 untuk weekend dan hari libur. Bagaimana? Tertarik untuk mengunjungi Jatim Park I? Yuk, tunggu apa lagi?

Lokasi: Lereng Gunung Panderman, Jl. Kartika No. 2, Batu

Jatim Park II

Credit Image: @carolinewijayaa_

Jatim Park II merupakan lanjutan dan bukti keberhasilan dari Jatim Park I. Wisata ini mengusung konsep tentang ilmu alam, biologi dan pembelajaran tentang satwa. Di Jatim Park II terdiri dari Secret Zoo, Museum Satwa dan Hotel Pohon Inn. Di museum satwa terdapat beragam satwa yang diawetkan serta fosil binatang purba yang didatangkan dari berbagai belahan dunia.

Setelah merasa puas mengunjungi museum satwa, kalian bisa lanjut melihat binatang yang masih hidup di Batu Secret Zoo. Disini, kalian akan melihat bermacam koleksi satwa dari beragam belahan dunia yang ditempatkan di kandang yang dibuat secara khusus menyerupai habitat aslinya.

Bagaimana, tertarik untuk mengunjungi Jatim Park II yang tidak kalah keren dari Jatim Park I? Yuk, buat agenda dan siapkan budgetnya. Tiket masuknya hanya Rp 70.000 untuk weekday dan Rp 100.000 untuk Weekend. Sangat murah bukan? Uang yang kalian keluarkan akan sebanding dengan pengalaman dan pengetahuan yang akan kalian dapatkan.

Lokasi: Desa Oro-Oro Ombo, Batu, Jawa Timur

Batu Night Spectacular (BNS)

Credit Image: @amazingmalang

Wisata hiburan selanjutnya yang bisa kalian kunjungi yaitu BNS. Wisata yang satu ini letaknya tidak jauh dari Jatim Park II. Terdapat banyak wahana yang bisa kalian coba, salah satunya yang paling favorit yaitu gallery hantu, slalom test, sepeda udara, lampion garden dan trampoline. Ada juga wahana yang tidak kalah menarik dan menantang yaitu drag race dan mouse coaster.

Tidak hanya untuk kalangan anak muda dan dewasa saja, di BNS juga terdapat wahana bermain untuk anak-anak yaitu Kids Zone, dimana ia memiliki 25 wahana yang tidak kalah menarik. Bagi kalian pecinta musik, kalian tentu juga bisa menikmati panggung musik yang menampilkan musik dan kesenian tradisional. Bagaimana, menarik bukan?

Berapa sih untuk tiket masuknya? Tenang, biaya yang kalian keluarkan tidak akan menguras kantong kok. Harga tiket masuk BNS yaitu Rp 20.000 untuk weekday dan Rp 30.000 untuk weekend. Ada juga beberapa wahana yang mengharuskan kalian bayar lagi. Jadi, siapkan budget yang cukup ya guys!

Oh ya, satu lagi! Jam operasional BNS yaitu dari pukul 15:00 wib – 24:00 wib. Dicatat ya guys, jangan sampai lupa!

Lokasi: Jl. Hayam Wuruk No. 1, Desa Oro-Oro Ombo, Batu, Kota Batu.

Baca Juga: Pantai Balekambang Malang: Tanah Lot-nya Jawa Timur!

Museum Angkut

Credit Image: @jenniferwatbrich

Museum Angkut merupakan salah satu Tempat Wisata di Batu Malang yang pasalnya hasil dari pengembangan Jatim Park Group. Sesuai dengan namanya, objek wisata yang satu ini memiliki beragam koleksi alat transportasi kuno hingga modern dari seluruh belahan dunia, mulai dari angkutan darat, laut hingga udara.

Museum Angkut dibagi menjadi beberapa zona, diantaranya zona edukasi, zona batavia, zona jerman, zona inggris, zona gangster & broadway, zona italy, zona las vegas, zona hollywood, zona perancis dan pasar apung nusantara. Tidak hanya kendaraan saja yang didatangkan dari seluruh penjuru dunia, namun kalian juga bia merasakan atmosfer kota-kota besar dunia seperti halnya Amerika, London, Italia atau Paris.

Museum Angkut buka setiap hari mulai pukul 12:00 wib – 20:00 wib. Lalu, berapa harga tiket masuknya? Untuk bisa menikmati fasilitas di Museum Angkut, kalian hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 100.000 – Rp 450.000. Nah, bagi kalian yang juga ingin mengunjungi Museum d’Topeng Kingdom, kalian¬† bisa membeli tiket terusan dengan harga yang lebih murah.

Lokasi: Jl. Terusan Sultan Agung No.2, Batu, Kota Batu

Omah Kayu dan Paralayang

Credit Image: @ezaadli

Kota Batu memang dikaruniai bentangan alam yang luar biasa memukau, salah satu Tempat Wisata di Batu Malang yang tidak boleh kalian lewatkan yaitu Omah Kayu dan Paralayang. Sejak kalian menjejakkan kaki di wisata ini, bisa dipastikan kalian akan kecanduan. Omah Kayu memiliki arti yaitu Rumah Kayu. Salah satu wisata keluarga ini sudah dibangun sejak tahun 2014. Bagi kalian yang baru mendengar wisata ini, wajib berkunjung. Karena pemandangan yang ditawarkan tidak sekedar rumah kayu semata seperti di film percintaan pada umumnya, tempat ini lebih dari sekedar itu. Ditambah lagi dengan Paralayang yang akan membawa kalian terbang dan melihat keindahan Batu Malang dari sudut yang berbeda.

Track menuju Omah Kayu terbilang mudah dan tidak menguras tenaga bagi kalian yang sudah terbiasa mendaki gunung ataupun berolahraga. Tetapi bagi mereka ‘kaum rebahan’ pastinya membutuhkan sedikit tenaga tambahan. Tapi, kalian tidak perlu khawatir, karena sesuatu yang menyusahkan tidak selamanya berakhir menyedihkan. Rasa lelah kalian akan terbayar dengan pemandangan yang luar biasa.

Bagi kalian yang ingin menginap, jangan lupa reservasi terlebih dahulu. Omah Kayu ini memiliki 6 bangunan utama dengan tinggi 2 meter dan luasnya 3 x 2 meter. Sementara untuk kapasitasnya yaitu cukup untuk 2-3 orang saja. Interior yang ditawarkan sederhana, tetapi terkesan megah. Harga sewa penginapan di Omah Kayu berkisar antara Rp 350.000 – Rp 600.000.

Harga tiket masuk wisata yang satu ini dibagi menjadi 2 kali, yaitu Rp 5.000 untuk masuk kawasan Gunung Banyak dan Rp 5.000 lagi saat memasuki Omah Kayu. Total yang harus kalian keluarkan yaitu Rp 10.000 saja per orang. Gimana, sangat murah kan? Oh ya, harga bisa saja berubah yaa sesuai ketentuan pihak pengelola wisata.

Lokasi: Jl. Gunung Banyak Gunungari, Bumiaji, Kota Batu.

Coban Talun

Credit Image: @binakawe

Coban Talun kini menjadi salah satu Tempat Wisata di Batu Malang yang diincar oleh wisatawan karena memiliki pesona air terjun yang indah. Ketinggian yang dimiliki air terjun Coban Talun yaitu sekitar 75 meter dan letaknya berada di 950 mdpl. Air terjun inilah yang menjadi daya tarik utama dari Coban Talun.

Perlu diketahui, Coban Talun mengangkat konsep dengan memadukan wisata alam dan wisata buatan yang siap memanjakan mata. Salah satunya yaitu area camping ground dan penginapan yang telah disediakan. Untuk sampai di air terjun ini, kalian perlu berjalan sekitar 1 km. Cukup melelahkan memang, tetapi semua akan hilang dengan keindahan dan panorama yang ditawarkan. Saat menuju lokasi air terjun, kalian bisa menyaksikan lereng bukit serta keindahan pemandangan pegunungan yang eksotik. Selain itu, kalian juga akan ditemani dengan suara satwa yang berkeliaran di hutan pinus. Perjalanan selama 1 km tidak akan terasa jika kalian pandai menikmatinya.

Terdapat beberapa wahana menarik lainnya yang tidak boleh kalian lewatkan, salah satu wahana yang banyak digemari yaitu kebun bunga. Di lokasi ini, kalian akan menemukan beragam jenis bunga yang menarik untuk dijadikan background foto. Namun sayangnya, kebun bunga ini tidak mendapatkan sentuhan sisi edukasi. Keindahan bunga saja yang ditawarkan, sementara untuk informasi dan edukasi mengenai jenis bunga tersebut belum ada.

Fasilitas yang bisa kalian nikmati yaitu kantin, mushola, balai serbaguna dan area parkir yang luas. Disini juga tersedia fasilitas rafting, namun kalian harus berjalan sedikit jauh dari coban talun. Tidak hanya itu, kalian juga bisa menyewa ATV yang bisa digunakan untuk berkeliling di sekitar lokasi.

Untuk memasuki kawasan Coban Talun, kalian hanya akan dikenakan biaya sebesar Rp 10.000 per orang. Sementara untuk menginap dan camping ada biaya tersendiri.

Lokasi: Dusun Wonorejo, Desa Tulungrejo, Bumiaji, Kota Batu.

Coban Rais

Credit Image: @batuflowergarden.cobanrais

Ada banyak surga wisata yang belum diketahui orang, salah satunya Coban Rais. Wisata yang satu ini merupakan sebuah air terjun yang dulunya bernama Coban Sabrangan. Namun, berkat pengelolaan yang serius, akhirnya Coban ini menjadi salah satu wisata yang tengah hits di Batu. Sebenarnya wisata ini sudah terbilang lama, namun kembali ramai setelah dibuatnya wahana baru yaitu Bukit Bulu Flower Garden. Spot foto yang satu ini menyuguhkan keindahan alam sekitar. Hawa alam khas kota Batu dengan suasananya yang asri akan membuat liburan kalian semakin berkesan.

Bagi kalian yang ingin merasakan sensasi liburan di Coban Rais, jangan khawatir masalah HTM. Bisa dikatakan wisata Coban Rais ini termasuk murah, karena kalian hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 7.500 untuk tiket masuknya. Sementara untuk harga tiket masuk Batu Flower, kalian harus membayar Rp 10.000. Kalian juga harus membayar biaya parkir sebesar Rp 2.000 per motor. Bagaimana, sangat murah kan? Tapi ingat, harga bisa sewaktu-waktu berubah yaa gaes!

Lokasi: Desa Oro-Oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu

Baca Juga: Sebelum Tidur, Inilah Wisata Malam di Malang!

Eco Green Park

Credit Image: @mijn_ziel

Eco Green Park menjadi salah satu tempat wisata populer di Batu Malang. Konsep yang diusung yaitu fun and jungle adventure, dengan menghadirkan suasana alam yang ramah. Disini kalian bisa liburan sambil belajar, karena akan banyak pengetahuan yang bisa kalian dapatkan. Sesuai dengan tujuan Eco Green Park yaitu agar pengunjung terutama anak-anak bisa belajar tentang ekosistem. Terdapat beberapa zona yang bisa kalian explore, diantaranya insectarium, music plaza, jungle adventure, walking bird, world parrot, duck kingdom, rumah terbalik, water track, dome multimedia dan masih banyak lagi lainnya.

Lalu, bagaimana caranya bisa explore semua zona? Jalan kaki? Pastinya capek dong! Tenang gaes, jangan sedih karena kalian bisa menyewa e-bike. Tidak hanya itu, di Jungle Adventure kalian juga bisa berkeliling hutan dengan menggunakan kereta terbuka sembari menembak pemburu liar dengan senapan mainan. Disini, kalian akan merasakan sensasi liburan yang berbeda yaitu seru-seruan sambil belajar dan pastinya sulit untuk dilupakan.

Eco Green Park buka dari pukul 09:00 Wib. Harga tiket masuknya yaitu Rp 40.000 untuk weekday dan Rp 70.000 untuk weekend dan hari libur. Harga bisa sewaktu-waktu berubah yaa gaes!

Lokasi: Jalan Oro-Oro Ombo No. 9A (Bersebelahan dengan Batu Secret Zoo dan Jatim Park II)

Taman Selecta

Credit Image: @regitadr

Masih lanjut dengan wisata Batu yang tidak boleh kalian lewatkan yaitu Taman Selecta. Taman ini sudah ada sejak tahun 1930 pada masa penjajahan. Wah, saya belum lahir nih gaess, haha. Taman ini memiliki luas sekitar 18 hetar dan dibagi menjadi 4 bagian yaitu Taman rekreasi, Hotel, Restoran dan Kebun. Saya rasa kalian sudah tidak asing lagi dengan wisata ini karena memang terkenal. Gimana tidak terkenal? Taman ini menawarkan sejuta keindahan dan memang sangat menarik untuk dikunjungi. Selain taman bunga yang indah, terdapat beberapa wahana yang bisa kalian nikmati, diantaranya wahana air, pasar bunga, perahu ayun, bioskop 4D dan masih banyak lagi.

Untuk tiket masuk, kalian hanya perlu membayar Rp 25.000 saja per orang dengan fasilitas taman air, kolam renang dan waterboom. Sementara untuk menikmati wahana lainnya, kalian akan dikenakan biaya tambahan sekitar Rp 10.000 – Rp 20.000. Taman Selecta ini buka mulai pukul 06:00 Wib – 18:00 Wib. Bagi kalian yang suka kuliner, jangan sedih. Karena kalian juga bisa explore makanan disini dan jangan takut kelaparan.

Lokasi: Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Malang

Batu Wonderland

Credit Image: @vivinelvian

Terakhir nih, wisata yang saya rekomendasikan untuk kalian kunjungi saat ke Batu Malang yaitu Batu Wonderland. Wisata yang satu ini tidak kalah menarik dari Jatim Park I dan Jatim Park II. Lokasinya sangat strategis karena berdekatan dengan Alun-ALun Kota Batu.

Dari sekian banyaknya wahana disini, Waterboom menjadi salah satu daya tarik utama di tempat ini. Di area waterboom, kalian akan menjumpai 2 seluncuran raksasa yang berbentuk gurita warna ungu yang dilengkapi dengan taman bermain di tengah kolam. Wisata yang satu ini sangat cocok jika kalian ingin membawa anak. Tidak hanya itu, disini juga terdapat playground untuk area bermain balita.

Batu Wonderland buka setiap hari mulai pukul 09:00 Wib – 17:00 Wib. Untuk tiket masuk yang harus kalian keluarkan yaitu Rp 10.000 untuk Weekday dan Rp 20.000 untuk weekend. Sangat murah bukan dengan beragam fasilitas yang ditawarkan?

Jika kalian lapar, jangan khawatir. Karena disini juga dilengkapi dengan Resto & Cafe. Ada beragam makanan yang akan menggugah selera, salah satunya udang mandi madu dan pangsit mie wonderland. Ada juga coffe shop bagi kalian yang suka kopi. Bagaimana, sangat lengkap dan murah bukan? Yuk, siapkan budget dan waktunya gaes!

Lokasi: Jl. Imam Bonjol No. 9, Desa Temas, Kota Batu

Gimana gaes, Sudah tidak sabar ingin explore Tempat Wisata di Batu Malang? Kita sama-sama berdoa saja ya semoga Pandemi ini cepat berlalu dan kita bisa beraktivitas seperti biasanya. Jangan lupa bantu Blog Rekam Jejak supaya bisa terus berkembang dengan cara share ke teman-teman kalian. Jika kalian punya ide buat konten selanjutnya atau saran untuk perkembangan blog ini, saya tunggu yaa gaes di kolom komentar! Semoga bermanfaat dan Explore terus keindahan Indonesia!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *