Rela Antre, Inilah Kuliner legendaris di Solo

Diposting pada

rekamjejak– Sedang merencanakan liburan sekaligus menikmati kulinernya? Solo menjadi destinasi yang tepat untuk anda kunjungi. Selain batik, Solo dikenal sebagai salah satu surga kuliner di Indonesia. Kuliner Solo terbilang unik dan ngangenin. Tidak hanya makanan tradisional yang asli Jawa Tengah, tetapi ada juga kuliner yang mendapat pengaruh dari masa kolonial. Nah, dikesempatan kali ini saya akan merekomendasikan beberapa kuliner Solo yang bikin anda rela antre untuk bisa menciciinya. Apa saja kira-kira? Yuk, simak langsung ulasan lengkapnya.

Kuliner Solo Legendaris

Berikut ini kuliner Solo legendaris yang bisa anda coba dan nikmati saat berlibur ke Solo:

Sate Kambing

Solo memiliki penjual sate kambing legendaris. Sate kambing ini disajikan hangat dengan pelengkap kecap manis, irisan kol, cabai rawit dan bawang merah. Jangan lupa untuk memesan Tengkleng, sup kambing dengan bumbu gule atau gule kambing yang berkuah santan daan berbumbu remah komplit. Warung sate di Solo yang bisa anda kunjungi yaitu sate kambing Hj Bejo di Jl. Sungai Sebakung, lojiwetan, Pasar Kliwon, Solo.

Bebek Goreng

Bebek goreng khas Solo berbeda dengan bebek Surabaya dan Madura. Makanan legendaris ini dimasak dengan bumbu bacam yang memakai bawang merah, bawang putih, ketumbar dan gula merah. Sebab itu, selain gurih, rasanya juga agak manis. Penyajiannya sama dengan lalapan lainnya, namun yang bikin unik yaitu sambal koreknya yang dibuat dari cabe rawit dan bawang putih dengan rasa pedas nendang. Warung bebek terkenal di Solo yaitu bebek goreng H Slamet di Jl. Bhayangkara No 39B, Tipes, Serengan, Solo atau di warung pertamanya

Timlo Solo

Tampilan Timlo mirip dengan soto ayam. Kuahnya berupa kaldu ayam dengan suwiran daging ayam, ati ampela, soun, wortel, jamurkuping, telur pindang dan sosis. Makanan ini bisa disantap dengan sambal kecap manis dan cabai rawit, sehingga rasanya menajdi gurih. aling mantap jika dinikmati dengan nasi hangat. Timlo yang sedap bisa anda dapatkan di Timlo Sastro ujung timur Pasar Gede, kawasan Balong, Purwodiningratan, Jebres, Solo.

Soto

Soto Solo berkuah bening dan mirip dengan soto Kudus. Tapi isiannya berbeda. Terdiri dari kuah kaldu ayam, soun, tauge, irisan daging sapi atau ayam dan seledri. Disajikannya dalam mangkuk keramik, berikut dengan jeruk nipis dan sambal kecap rawit. Soto legendaris yang bisa anda coba yaitu Soto Gading di Brigjen Sudiarto No 75, Joyosuran, Pasar Kliwon, Solo.

Baca Juga: Rekomendasi Kuliner Makassar yang Menggoyang Lidah

Bakso

Bakso Solo dan Wonogiri memang sudah terkenal enak. Hal ini karena baksonya dibuat dari daging segar yang kenyal dan kuahnya dari kaldu tulang yang bening dengan bumbu bawang putih. Saat ke Solo anda bisa menyambangi warung bakso Alex di Jl. Gajah Mada No 12B Ketelan, Banjarsari Solo.

Selat Solo

Makanan yang satu ini merupakan perpaduan kuliner Belanda dengan Jawa. Selat berupa irisan semur daging yang disajikan dengan kentang goreng, buncis dan wortel rebus. Pelengkap yang tidak boleh ditinggalkan yaitu daun selada, telur rebus dan saus mustard yang kuning asam. Citarasanya sangat ringan, manis gurih serta cocok untuk anda nikmati di siang hari. Rumah maan legendaris yang bisa anda kunjungi salah satunya yaitu selat Mbak Lies di Serengan RT 03 RW 02, Solo.

Sate Kere

Sate ini cukup unik dan beda dengan sate pada umumnya. Sate kere terbuat dari bahan ampas tahu yang difermentasi atau disebut tempe gembus. Dinamakan sate kere karena dahulu dikonsumsi oleh kalangan menengah ke bawah yang tidak mampu membeli daging. Namun, saat ini justru harga sate kere cenderung terjangkau untuk kalangan menengah ke atas. Sebab selain sate ampas tahu, kuliner ini juga dihidangkan bersama dengan daging dan jeroan sapi yang diiris kecil-kecil. Untuk bisa menikmatinya, anda bisa perg ke Jl. Kebangkitan Nasional, kios belakang Sriwedari, Laweyan, Solo bernama Yu Rebi.

Tengkleng

 

Satu lagi olahan daging kambing yang menjadi kuliner wajib saat anda berkunjung ke Solo, yaitu Tengkleng. Mirip dengan sup berkuah bening, namun tengkleng terbuat dari tulang-tulang kambing, kepala dan jeroan kambing yang direbus dengan api kecil hingga empuk. Anda bisa memilih Tengkleng berkuah kuning segar seperti di Tengkleng Bu Edi yang sudah legendaris.

Baca Juga: 20 Makanan Khas Jogja yang Legendaris, Mulai dari Gudeg hingga Belalang Goreng!

Es Dawet

Es dawet banyak ditemukan di Jawa tengah dengan isian yang berbeda-beda. Diantaranya berupa cendol, bubur sumsum, ketan hitam, tape ketan, santan dan gula merah. Anda bisa menemukan es dawet di pasar Gede yang memang merupakan pasar wisata. Penjual es dawet legendaris di pasar Gede bernama Bu Dermi dan Bu Watik.

Itulah beberapa kuliner solo legendaris yang bisa anda cicipi saat berkunjung ke Solo. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Jika ingin menambahkan, jangan lupa tinggalkan jejak di kolom komentar,ya!

4 komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *