Rekomendasi Kuliner Makassar yang Menggoyang Lidah

Diposting pada

rekamjejak– Lagi liburan ke Makassar?  jangan lupa mencicipi kuliner Makassar yang pastinya enak banget dan menggoyang lidah, bahkan akan meninggalkan kesan untuk datang kembali ke Makassar. Mau tahu kuliner apa saja yang menggugah selera? Yuk, simak sampai habis.

Aneka Kuliner Makassar

Inilah rekomendasi kuliner yang wajib anda coba di Makassar:

Coto Makassar

Coto merupakan makanan khas Makassar yang memiliki ciri khas tersendiri. Makanan ini berbahan dasar daging sapi, kemudian diolah dengan menggunakan berbagai macam rempah. Karena berbahan daging, beberapa tempat kuliner memperhatikan pembuatan Coto dari segi kesehatan. Beberapa pemilik kuliner Coto mulai mengganti air beras dengan bahan yang lebih sehat seperti telur untuk mengentalkan kuahnya. Hal ini mengingat bahwa beras mulai banyak mengandung pemutih atau bahan kimia lainnya.

Sop Konro

Sop Konro terbuat dari bahan dasar iga sapi yang masih menempel pada tulangnya dan disajikan dengan guyuran bumbu kacang dan kuah. Berasal dari Bugis, pada dasarnya makanan ini berbentuk sop, namun kini terdapat variasi kering yang disebut Konro bakar.

Pallubasa

Makanan khas Makassar yang satu ini juga terbuat dari daging sapi atau kerbau. Tampak sekilas mirip dengan Coto Makassar, namun dalam hal rasa, makanan ini sangat berbeda. Kuah Pallu basa terbuat dari banyak rempah yang gurih dan meninggalkan rasa yang kuat. Makanan ini wajib anda cicipi saat berkunjung ke Makassar.

Baca Juga: Rekomendasi Wisata Semarang yang Lagi Hits di Medsos

Sop Saudara

Makanan ini tidak jauh berbeda dengan Coto Makassar yang berbahan dasar sama yaitu daging sapi, bedanya hanya pada kuah yang ditambahkan bihun dan perkedel kentang. Biasanya kuahnya ditambahkan susu yang memberi sensasi rasa manis pada kuah sop nya. Makanan ini disajikan dengan nasi dan ikan bakar bandeng.

Sop Ubi

Sop Ubi merupakan salah satu makanan khas Makassar yang terbuat dari ubi kayu yang dipotong kecil, kemudian digoreng dan dicampur dengan daging sapi atau kerbau, soun, kuah daging, tumisan bumbu dan tidak ketinggalan taburan bawang goreng serta daun bawang.

Mie Kering

 

Makanan ini sejenis mie yang dipanggang hingga benar-benar kering dan disiram dengan kuah kental panas yang berisi daging ayam, udang, bakso dan sawi. Jenis makanan ini merupakan makanan tradisional Makassar dari kawasan pecinan dan dikenal dengan nama Mie Titi dari resep kuno Cina. Berawal dari resep tradisional China dengan nama I Fu Mie yang dikembangkan oleh warga Tionghoa Makassar dengan cita rasa bawang putihnya yang pekat. Mie kering ini akhirnya menjadi makanan populer dan digemari banyak orang.

Kapurung

Hasil gambar untuk Kapurung

Kapurung merupakan salah satu makanan khas masyarakat Sulawesi Selatan. Makanan ini terbuat dari sari tepung sagu dimasak dengan campuran ikan atau daging ayam dan sayuran. Bumbu-bumbu nya pun sangat khas dan menghasilkan rasa yang segar.

Lumpia

Makanan ini sangat diminati masyarakat Makassar. Walaupun bukan kuliner asli Makassar, namun anda wajib mencicipi lumpia khas Makassar ini. Tempat kuliner lumpia favorit di Makassar salah satunya yaitu di Jl. Lasinrang No. 11 C. Buka mulai pukul 09:00 – 19:00 Wita.

Otak-Otak

Hasil gambar untuk Otak-Otak tengiri semarang

Makanan satu ini terbuat dari daging ikan tengiri yang dicincang dan dibumbui. Kemudian dibungkus dengan daun pisang, dipanggang dan disajikan dengan kuah asam pedas. Otak-otak ini sering dijadikan oleh-oleh jika berkunjung ke Makassar.

Nah, itulah rekomendasi kuliner makassar yang bisa anda cicipi. Semoga artikel ini membantu anda dalam memperoleh informasi yang anda butuhkan.

 

4 komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *