6 Daftar Gunung Terangker yang Jarang di Kunjungi di Indonesia

Diposting pada

 

rekamjejak — Mendaki gunung merupakan aktivitas yang menjadi tren belakangan ini di media sosial. Gunung menjadi tempat wisata yang kian ramai dan sesak. Tidak hanya ramai, namun hadirnya pendaki baru dan kekinian ini berdampak buruk terhadap gunung-gunung di Indonesia. Selain berkontibusi terhadap banyaknya sampah di gunung, para penghuni gunung juga merasa terusik dengan gunung yang kian sesak. Penghuni yang dimaksud yaitu makhluk ghaib yang tinggal di Gunung. Jadi wajar jika para pendaki sering bertemu dengan penampakan atau mengalami hal yang tidak diinginkan, dikarenakan penghuni gunung merasa terusik dengan kehadiran manusia.

Berikut ini ada beberapa gunung terangker di Indonesia yang sudah saya rangkum dari beberapa referensi. Kira-kira gunung apa saja ya, yuk simak langsung ulasan berikut ini.

Gunung Semeru

Gunung Semeru memang menjadi salah satu tujuan yang diidamkan oleh pendaki. Keindahan Ranu Kumbolo dan tantangan menapaki tanah tertinggi di Jawa menjadi suatu kebanggaan tersendiri. Walaupun bahayanya cukup besar, namun pendaki tidak pernah gentar untuk menjejakkan kakinya di puncak Mahameru. Hal mistis juga akan anda jumpai ketika mendaki gunung Semeru. Pocong atau sosok perempuan di tengah danau merah pernah menampaki pendaki yang tengah bermalam disana. Belum lagi angkernya Kalimati, Arcopodo hingga puncak Mahameru. Cobaan ketika anda mendaki di malam hari, rasanya merinding dan seakan ada yang mengikuti dan mengamati di kanan kiri, bahkan kadang ada yang mengikuti pulang. Duh, serem banget kalau sudah seperti ini !

Gunung Rinjani

Gunung Rinjani memang dinobatkan sebagai gunung Terindah di Indonesia, dan semua pendaki sudah mengetahui itu. Tapi dibalik keindahannya, gunung ini menyimpan hal mistis. Gunung Rinjani merupakan kerajaan ghaib yang sangat angker dan kehadiran Dewi Anjani sang penguasa Rinjani pun membuat pendaki bergidik ngeri. Banyak kejadian atau musibah yang dialami pendaki ketika mendaki gunung Rinjani. Mulai dari tersesat, terpeleset hingga mengalami kematian. Kisah mistis gunung Rinjani cukup banyak. Jika anda menuruni hutan Senaru saat malam hari, maka akan ada peri yang mengikutimu. Itu lah sebabnya mengapa porter juga enggan berjalan saat malam hari, bahkan di segara anakan ada sosok raksasa penjaga yang pernah terekam kamera. Serem banget ya, sahabat jejak!

Baca Juga: Mendaki Gunung Bisa Membuat Ketagihan, Mengapa?

Gunung Merapi

Tidak ada salahnya jika gunung Merapi masuk dalam daftar, karena pasar bubrahnya memang menyimpan banyak misteri. Pasar Bubrah ini merupakan tempat favorit para pendaki untuk membangun tenda sebelum menuju puncak Merapi. Di tempat inilah ketika malam hari sering terdengar suara yang cukup ramai layaknya pasar. Pasar disini bukanlah pasar manusia, tapi pasarnya makhluk ghaib. Ketika anda tidur di tenda dan mendengar suara seperti pasar, sudah pasti itu suara penunggu pasar bubrah. Selain itu, pendaki juga sering kali mendengar suara gamelan ketika mendaki gunung ini.

Gunung Lawu

Jika gunung Merapi mempunyai pasar bubrah, maka gunung Lawu mempunyai pasar setan. Bagi anda yang mendaki Lawu melewati jalur Candi Cetho maka anda akan bertemu dengan pasar setan. Medannya juga sulit dan didominasi tanjakan  terjal serta jurang yang cukup dalam. Jika melewati jalur ini pendaki akan dihadapkan dengan hal-hal aneh seperti suara-suara yang riuh seperti orang transaksi di pasar.

Gunung Sumbing

Gunung ini juga menyimpan banyak hal mistis. Seperti halnya gunung yang lain, terdapat sejumlah pantangan yang harus ditaati pendaki. Salah satunya yaitu tidak boleh naik gunung dalam jumlah ganjil. Terdapat pengalaman dari kumpulan mahasiswa pecinta alam yang berangkat dengan jumlah 11 orang. Baru seperempat jalan, personil mereka bertambah 1 orang. Pendaki wanita yang memiliki indera keenam menyadari hal itu namun dia tidak menggubris dan tetap melanjutkan perjalanan. Sesampainya di puncak, anggota ke 12 itu menghilang. Mereka pun istirahat dan penampakan lain mengusik mereka kembali. Pocong muncul diantara mereka ketika duduk mengelilingi api unggun. Empat orang menyadari kehadiran makhluk tersebut termasuk pendaki yang memiliki indera keenam. Akhirnya mereka berdoa dengan alasan mengucap rasa syukur karena sudah sampai di puncak. Akhirnya pocong itu hilang. Kejadian mistis kembali terjadi ketika mereka turun dari gunung. Sesosok pocong mengikuti dan mengawasi mereka. Tiba-tiba pendaki yang memiliki indera keenam melihat sebuah pintu besar dekat lereng gunung, pintu tersebut tinggi dan indah. Ada penjaga dan sosok wanita yang memanggil mereka dan panggilan tersebut didengar oleh ke 11 pendaki. Panggilan tersebut mereka abaikan dan bergegas berjalan menuruni gunung.

Gunung Argapura

Gunung ini juga dikenal mistis dengan adanya penampakan noni Belanda yang suka mengganggu pendaki. Ada pengalaman dari pecinta alam yang memetik bunga Edelweis, yang sudah jelas dilarang. Akhirnya dia keluar dari rombongan dan menghilang. Keesokan harinya pencarian dilanjutkan dan gadis tersebut ditemukan di jalur buatan Belanda untuk menembus semak-semak. Dia terlihat lemas dan syok. Setelah sadar dan tenang, ia bercerita bahwa tiba-tiba dia digandeng wanita pirang dengan paras cantik dan dibawa ke sebuah kompleks rumah-rumah orang Belanda. Dia seperti diingatkan agar lebih waspada ketika di gunung ini oleh perempuan Belanda tersebut. Badannya pun mulai lemas ketika noni itu meninggalkannya.

Baca Juga: Fakta Dan Misteri Gunung Argopuro, Jawa Timur

Nah, itulah beberapa gunung terangker di Indonesia yang berhasil saya rangkum untuk anda. Ada baiknya ketika ingin mendaki gunung, patuhi aturan yang diberikan termasuk tidak melanggar pantangan yang ada agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Ketika di gunung, anda harus bisa menjaga sikap dan ucapan anda. Semoga bermanfaat dan explore terus keindahan Indonesia. Salam LESTARI!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *