Menguak Misteri 5 Gunung Terangker di Dunia

Diposting pada

rekamjejak — Mendaki gunung merupakan salah satu liburan yang saat ini banyak diminati oleh masyarakat khususnya anak muda dan juga kalangan para pendaki. Rasa lelah selama pendakian akan terbayar lunas dengan keindahan alam yang terlihat lebih indah jika dilihat dari puncak gunung. Namun sejatinya, gunung tetaplah tempat liar. Selain bahaya cuaca yang terkadang berubah-ubah, hewan buas juga masih menjadi hal yang menakutkan bagi para pendaki. Belum lagi hal mistis yang sering kali terjadi di gunung. Hal mistis tidak hanya ada di dalam dunia yang merupakan sebuah kebudayaan saja, namun juga menyangkut ke dalam beberapa hal seperti benda dan tempat tertentu. Gunung menjadi salah satu tempat yang erat kaitannya dengan hal mistis yang mengerikan. Untuk menambah pengetahuan dan juga sebagai antisipasi saat akan mendaki, berikut ini saya akan memberikan beberapa informasi mengenai gunung terangker di dunia. Gunung apa saja, ya? Yuk, simak langsung!

Gunung Kailash (Tibet)

Gunung Kailash berada di wilayah Tibet dengan ketinggian sekitar 6.638 meter. Gunung ini erat kaitannya dengan empat kepercayaan besar di Asia Selatan yaitu Buddha, Hindu, Jainisme dan Bonpo. Oleh pemeluk agama Hindu, gunung kailash dipercaya sebagai tempat tinggal Siwa. Gunung Kailash juga merupakan sumber air utama bagi sungai-sungai besar yang mengalir di Tibet, Nepal dan India. Tidak ada yang pernah mendaki puncaknya. Semua aktivitas religius itu dilakukan di kaki gunung Kailash. Mendaki gunung Kailash dianggap tabu dan mengganggu kesakralan area gunung. tetapi mengitari area kaki gunung sejauh puluhan kilometer dipercaya dapat menghapus dosa seumur hidup.

Gunung Fuji (Jepang)

Gunung Fuji terbilang masih muda dibandingkan dengan gunung-gunung lainnya di Jepang dan merupakan gunung  tertinggi di Jepang. Puncaknya yang diselimuti salju dianggap sakral dan memiliki kekuatan gaib sejak berabad-abad lalu. Gunung Fuji menyimpan kisah mengenai banyaknya orang yang bunuh diri di Hutan Aokigahara, kaki gunung Fujiyama. Hutan ini menjadi tempat kedua favorit di dunia untuk melakukan bunuh diri setelah jembatan Golden Gate. Kecenderungan orang-orang melakukan bunuh diri berawal dari sebuah novel di tahun 1960 yang berjudul Nami No To (Tower of Waves). Novel ini menceritakan kisah sepasang kekasih yang akhirnya memilih untuk mengakhiri hidupnya di Hutan Aokigahara. Hingga kini, anda bisa menjumpai kerangka tubuh jasad yang meninggal disana.

Baca Juga: 6 Daftar Gunung Terangker Yang Jarang Di Kunjungi Di Indonesia

Gunung Taranaki (New Zealand)

Taranaki merupakan gunung berapi yang paling terkenal di Selandia Baru dengan ketinggian 2.518 meter yang terletak di pesisir barat Pulau Utara, Selandia Baru.  Pada kenyataannya, gunung Taranaki berperan penting bagi kelangsungan hidup suku Maori, dimana aliran air yang bersumber dari mata air di Gunung Taranaki diperlukan untuk mengairi sawah dan ladang. Suku Maori bermukim di kaki gunung, tidak heran rasanya jika terjadi erupsi vulkanik Taranaki akan mengancam jiwa mereka.

Gunung Agung (Bali)

Bali tidak dikenal dengan pantai yang eksotis, namun juga gunung yang memiliki cerita mistis. Gunung tersebut yaitu gunung Agung. Gunung ini merupakan gunung api aktif dengan tipe strato yang berada di Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali. Gunung Agung sangat erat kaitannya dengan hal-hal yang berbau mistis, karena di lereng gunung ini terdapat tempat suci Pura Besakih yang konon merupakan tempat diturunkannya wahyu Tuhan oleh Hyang RsiMarkendya yang mengajarkan agama Hindu Dharma di Bali. Ajaran Hindu identik dengan kera putih yang dianggap oleh warga sekitar karena mereka percaya kera tersebut meruakan utusan dari Ida Batara yang menjaga hutan gunung Agung. Ketika gunung akan meletus, biasanya kera tersebut akan menampakkan diri kepada warga sekitar sebagai peringatan bahaya.

Saat mendaki gunung Agung juga dilarang untuk membawa daging sapi, karena menurut kepercayaan orang disana dengan membawa daging sapi akan membuat penunggu gaib marah. Sapi bagi mereka merupakan hewan yang mulia, sebab itu warga dengan agama Hindu selalu menghindari makan daging sapi. Selain itu, pendaki juga dilarang membawa makanan yang ganjil. Namun, makanan dengan jumlah ganjil masih menjadi misteri. Mungkinkah membawa makanan ganjil akan membuat satu makanannya akan hilang? atau mungkin makanan tersebut akan mengundang makhluk halus? Meskipun mitos ini tidak masuk akal, namun beberapa masyarakat setempat mempercayainya.

Baca Juga: 5 Daftar Mitos Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Mendaki Gunung

Gunung Everest

Gunung Everest merupakan gunung tertinggi di dunia dan rabung puncaknya menandakan perbatasan antara Nepal dan Tibet, sementara puncaknya berada di Tibet. Gunung Everest diliputi dengan fenomenal supranatural, penampakan hantu dan kejadian lainnya yang tidak dapat dijelaskan. Mayat yang ditinggalkan dan beku di salju membuat Everest seperti kuburan terbuka. Tidak heran rasanya jika penampakan hantu di Gunung Everest tidak bisa dihindari. Untuk mencapai puncak, bisa dikatakan tidak sedikit orang tewas ketika melakukan pendakian. Mulai dari kekurangan oksigen, longsoran salju bahkan jatuh ke jurang. Karena tempatnya yang sulit ditempuh dan kemungkinan evakuasi sulit dilakukan, menyebabkan jasad yang terjatuh dalam jurang ataupun yang telah membeku dalam tumpukan salju dibiarkan saja selama bertahun-tahun. Sementara bagi para pendaki lain yang telah mendaki puncak gunung tersebut justru menggunakan jenazah sebagai penanda jejak.

Itulah 5 daftar gunung terangker di dunia, mulai dari hutan yang dijadikan tempat untuk bunuh diri hingga jenazah yang dijadikan penanda jejak untuk sampai di puncak, sangat mengerikan ya sahabat jejak. Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam memperoleh informasi dan salam LESTARI!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *