Makanan Khas Lombok yang Bikin Merem Melek!

Diposting pada

rekamjejak– Lombok merupakan salah satu Kepulauan di Indonesia yang cukup terkenal sebagai tujuan wisata. Tak heran rasanya jika banyak wisatawan yang ingin berkunjung kesana, karena banyak destinasi wisata menarik yang bisa anda kunjungi. Selain mengunjungi wisata yang ada, wisatawan yang datang juga gemar mencicipi makanan khas Lombok. Berhubung masyarakat Lombok suka menyantap makanan dengan cita rasa pedas, tidak heran jika kuliner khas Lombok banyak sekali memakai cabai. Nah, kuliner ini sangat cocok bagi anda penggemar kuliner pedas.

Aneka Makanan Lombok Bercita rasa Pedas

kuliner khas lombok tempat wisata dekat penginapan misteri terbaru 2020

Bagi anda yang kebetulan berkunjung ke Lombok, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi makanan khas lombok yang super pedas ini. Dijamin pedasnya bikin anda merem melek. Apa saja ya kira-kira? Yuk, cek langsung!

Plecing Kangkung

 

Plecing kangkung merupakan makanan khas Lombok yang sering di santap dengan Ayam Taliwang. Bahan utamanya yaitu kangkung. Cara membuatnya mudah, bersihkan terlebih dahulu kangkung sebelum akhirnya direbus. Setelah itu, sajikan dengan sambal terasi diatasnya. Rasa terasi khas Lombok membuat Plecing Kangkung menjadi lebih lezat, apalagi disantap dengan sepiring nasi panas.

Ayam Taliwang

 

Kuliner yang satu ini merupakan hidangan kuliner paling terkenal di Lombok. Bahan utamanya yaitu ayam, cabai, bawang putih, bawang merah, tomat dan aneka bumbu dapur lainnya. Cara pengolahannya sangat mudah yaitu dengan cara dipanggang ataupun dibakar. Biasanya Ayam Taliwang ini disantap dengan ansi hangat dan plecing kangkung.

Beberuk Terong

 

Makanan khas Lombok yang satu ini memiliki cita rasa pedas yang menyegarkan. Bahan utamanya yaitu terong dan kacang panjang. Terong yang disajikan yaitu menggunakan terong mentah, namun ada juga yang menyajikan Beberuk Terong dengan memakai terong bakar. Sambal yang disajikan yaitu terbuat dari cabai merah, cabai rawit, bawang merah, tomat, gula, garam dan air. Perpaduan terong dan sambal inilah yang memberikan rasa pedas menyegarkan.

Nasi puyung

Hasil gambar untuk Nasi puyung

Nasi Puyung merupakan nasi campur khas Lombok dengan sajian nasi dan aneka lauk pauk. Dalam satu porsi biasanya terdapat nasi, ayam suwir, kedelai goreng, kelapa parut dan sambal. Bagi pecinta kuliner pedas, pasti akan langsung jatuh cinta ketika mencicipi makanan ini.

Ayam Rarang

 

Ayam Rarang tak kalah lezatnya dengan ayam taliwang. Sesuai dengan namanya, ayam rarang ini berbahan dasar daging ayam. Ayam rarang merupakan ayam bakar yang disajikan dengan bumbu pedas berminyak. Bumbunya terbuat dari cabai rawit, cabai merah, kemiri, terasi, bawang putih, ketumbar dan bumbu lainnya. Masyarakat lokal biasa menyantapnya dengan nasi dan sayur bening.

Baca Juga: Tempat Wisata di lombok Terkeren, Bikin Malas Pulang!

Sate Rembiga

Lombok memang surganya para sapi, dan uniknya sapi-sapi disana bebas berkeliaran sehingga tidak mudah stres. Itulah sebabnya sapi dari Lombok dan Sumbawa terkenal lembut dan nikmat. Sate Rembiga ini memiliki rasa yang unik, mulai dari rasa manis, gurih dan utamanya pedas. Sate ini berasal dari Desa Rembiga, dan saat anda berkunjung kesana, wajib mencicipi makanan khas Lombok yang satu ini.

Sate Bulayak

Hasil gambar untuk Sate Bulayak

Jika di Pulau Jawa terkenal dengan sate ayam bumbu kacang dengan cita rasa manisnya, maka sate Bulayak khas Lombok terbuat dari daging sapi yang disajikan dengan bumbu pedas gurih khas Suku Sasak. Saus sambalnya yang pedas membuat mulut terasa panas dengan tamabahan irisan cabai rawitnya. Yang membuat sate Bulayak ini rasanya unik yaitu perasan jeruk nipis yang disiramkan di atas sate, sehingga tercipta rasa gurih, pedas dan sedikit asam. Sate Bulayak disajikan dengan lontong yang dibungkus dengan daun aren. Bagaimana, unik kan?

Bebalung

Gambar terkait

Jika ingin menikmati kuliner Lombok yang pedas dan menyegarkan, cobalah mencicipi semangkuk kepedasan Bebalung. Sop pedas dengan isian iga dan tulang-tulang sapi ini terbuat dari rempah-rempah dan campuran jahe juga cabai rawit. Jika kurang pedas, anda bisa menambahkan sambal supaya lebih nikmat.

Nah, makin penasaran kan dengan makanan khas Lombok yang benar-benar menggugah selera? Yuk, ambil cuti dan terjun langsung ke Lombok untuk liburan dan mencicipi kuliner pedas khas Lombok yang bikin nagih. Semoga informasi ini bermanfaat dan Happy Kuliner!

3 komentar.

  1. yg baru aku coba cuma pelecing kngkung, ayam taliwangvama beberok terong :D. itu nyobanya di restoran lombok di jakarta. enaaak sih, aku sukaaa bgt makanan khas lombok ini, krn pedeees :D. tp ttp penasaran ama rasa aslinya kalo makan di tempat asalnya lgs ;D. banyak yg bilang lbh enak lagi 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *