Jangan Panik! Ini Dia Tips Saat Tersesat di Gunung

Diposting pada

rekamjejak — Saat ini mendaki gunung sudah menjadi trend di Indonesia. Berawal dari rasa penasaran dan cerita teman-teman yang berhasil memamerkan foto-foto indah di gunung sehingga tertarik untuk mendaki gunung. Namun, siapa yang tahu tentang kemungkinan terburuk yang akan terjadi di gunung, karena saat ini banyak sekali pendaki yang meninggal di gunung. Masalah yang kerap terjadi yaitu hipotermia hingga tersesat kemudian hilang di gunung. Tentunya anda tidak ingin kan pendakian anda berakhir dengan jasad yang ditemukan tim SAR? Karena akhir-akhir ini banyak sekali kasus pendaki yang tersesat di gunung dan akhirnya harus berakhir tragis.

Ada beberapa hal dasar yang harus anda pahami ketika mendaki gunung dengan mempelajari beberapa hal yang bisa anda lakukan ketika tersesat di gunung.

Ketika anda tersesat, hal pertama yang anda lakukan yaitu jangan panik dan tetap tenang. Pikiran panik anda tidak akan menyelesaikan masalah. Segera menenangkan diri ketika anda panik dan mulailah berpikir jernih dengan mencari solusi agar anda bisa keluar dari permasalahan itu. Anda bisa menerapkan metode ‘STOP’, segera cari tempat kondusif dan lakukan hal-hal berikut ini:

Sit (duduk)

Duduklah agar anda bisa berpikir jernih, karena jika anda tetap melanjutkan perjalanan, anda akan tersesat lebih jauh. Selain itu, dengan anda berhenti tentunya akan lebih memudahkan teman atau rombongan anda dan regu penyelamat untuk menemukan anda.

Think (berpikir)

Mulailah berpikir dan mencari solusi tentang apa yang harus anda lakukan dan kembali ke jalur yang benar. Berpikirlah bagaimana dan dari mana anda mulai salah jalan. Gunakan petunjuk yang mungkin ada saat anda mulai salah jalan. Petunjuk itulah yang nantinya dapat memprediksi lokasi tersebut. Anda juga bisa menggunakan alat navigasi seperti kompas, peta dan alat lainnya.

Observation (observasi)

Lakukanlah observasi keadaan sekitar dan juga perbekalan yang tersisa sehingga hal ini bisa menjadi pertimbangan untuk keputusan anda selanjutnya. Jangan lupa untuk mempertimbangkan kondisi fisik anda, sehingga anda tahu sampai sejauh mana anda harus melakukan pencarian ulang jalur pendakian yang benar.

Baca Juga: Tips Menghasilkan Foto Bagus Saat Mendaki Gunung

Planning (merencanakan)

Pikirkan baik-baik tentang rencana anda untuk melanjutkan perjalanan, karena terdapat konsekuensi yang perlu anda pertimbangkan juga. Jangan sampai anda salah mengambil keputusan, karena hal ini bisa mempengaruhi keselamatan anda.

Selain metode di atas, anda juga harus memiliki kemauan untuk bertahan di alam bebas. Kunci utama keselamatan anda yaitu kemauan anda untuk selamat. Bersikaplah proaktif dengan memberikan tanda keberadaan anda, misalnya dengan memberikan tali di jalur yang anda lewati. Anda juga bisa berteriak-teriak mencari orang-orang terdekat yang mendengar suara anda. Tersesat merupakan kemungkinan terburuk saat melakukan pendakian, maka dari itu anda bisa mencegah agar tidak tersesat dengan tips di atas. Semoga bermanfaat dan salam LESTARI!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *