Inilah 7 Gunung Tertinggi Di Jawa Tengah Yang Selalu Menjadi Sasaran Para Pendaki

Diposting pada

rekamjejak — Di jaman sekarang, mendaki gunung semakin digemari terutama di kalangan anak muda. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya komunitas pendaki yang bermunculan hampir di tiap daerah. Sebagai negara yang berada dalam wilayah cincin api, Indonesia tentunya memiliki banyak gunung yang tersebar di semua Provinsi.

Di Jawa Tengah, ada banyak gunung yang menjadi sasaran para pendaki. Mulai dari gunung yang cocok untuk pemula hingga gunung api yang termasuk salah satu gunung api berbahaya di ndonesia, ada disini. Nah, kira-kira gunung apa sajakah itu? berikut ulasan lengkapnya.

Gunung Slamet (3.428 Mdpl)

Gunung Slamet merupakan gunung tertinggi di Jawa Tengah. Gunung ini berada di 5 kabupaten yaitu Brebes, Banyumas, Tegal, Purbalingga dan Pemalang. Gunung Slamet seringkali menjadi sasaran para pendaki walaupun medannya yang cukup sulit. Ada 3 jalur yang bisa anda lewati yaitu jalur di sebelah Barat Kaliwadas, sebelah selatan Baturraden dan sebelah Timur Bambangan. Dari ketiga jalur tersebut yang jaraknya paling dekat yaitu Bambangan.

Gunung Sumbing (3.371 Mdpl)

Gunung Sumbing merupakan gunung api yang berada di tiga Kabupaten sekaligus yaitu Magelang, Temanggung dan Wonosobo dengan ketinggiannya 3.371 mdpl. Berdampingan gunung gunung Sindoro, gunung Sumbing membentuk sebuah bentang alam gunung kembar sama seperti gunung merapi dan gunung merbabu.

Jika dilihat dari Temanggung, Celah antara Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro yaitu terlihat membentuk sebuah jalan provinsi yang menghubungkan kota Wonosobo dan Temanggung. Warga sekitar menjuluki jalan ini dengan sebutan “Kledung Pass”.

Gunung Sindoro (3.150 Mdpl)

Gunung Sindoro merupakan salah satu gunung aktif di Indonesia yang terletak di Jawa Tengah. Gunung ini berdampingan dengan Gunung Sumbing dan memiliki beberapa kawah serta jurang. Kawa terbesarnya disebut Kembang yaitu kubah lava kecil yang berada di puncak gunung tersebut. Dalam sejarahnya, letusan gunung Sindoro termasuk jenis ringan hingga sedang. Sementara hutannya termasuk jenis hutan Dipterokarp bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane dan hutan Ericaceous atau hutan gunung.

Baca Juga:

Gunung Merbabu (3.145 Mdpl)

Gunung ini memiliki ketinggian 3.145 Mdpl pada puncak Kenteng Songo. Selain puncak Kenteng Songo, gunung ini juga mempunyai puncak lainnya yaitu puncak syarif dengan ketinggian 3.119 Mdpl. Puncak gunung Merbabu dapat ditempuh dari Cunthel, Thekelan, Selo atau bisa juga dari Wekas. Jika anda ingin melihat pemandangan yang menarik, bisa lewat jalur utara (Wekas, Cunthel, Thekelan) dan turunnya melalui jalur selatan (Selo).

Gunung Merapi (2.930 Mdpl)

Gunung Merapi merupakan gunung api teraktif di Indonesia. Kawasan gunung dengan ketinggian 2.930 Mdpl ini merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Merapi sejak tahun 2004. Gunung ini termasuk salah satu gunung berbahaya di Indonesia, karena menurut sejarah, setiap 2-5 tahun sekali mengalami erupsi sejak tahun 1548 dan gunung ini sudah pernah meletus sebanyak 68 kali.

Gunung Prau (2.565 Mdpl)

Gunung Prau berada di dataran tinggi Dieng tepatnya diantara Kendal dengan Wonosobo. Gunung ini dikenal dengan kawasan hutannya yang indah, asri dan tetap terjaga dengan baik. Jalur pendakian di gunung ini relatif pendek dan mudah, sehingga cocok untuk pemula. Gunung Prau juga diklaim sebagai tempat terbaik se Asia Tenggara untuk melihat matahari terbit. Jalur pendakian yang paling terkenal yaitu Patak Banteng.

Baca Juga:

Gunung Rogojembangan (2.117 Mdpl)

Gunung Rogojembangan berada diantara Banjarnegara dengan pekalongan, tepatnya di Kecamatan Wanayasa, Banjarnegara. Gunung ini memiliki 2 akses untuk jalur pendakian yaitu melewati kecamatan Wanayas dan kecamatan Petungkriono. Sama halnya dengan gunung lainnya di tanah Jawa, di kaki gunung Rogojembangan juga banyak desa seperti Gumelem, Balun, Semego dan Karang Tengah. Tetapi jalur yang sering dilewati pendaki yaitu desa Gumelem dan desa Semego.

Nah, bagaimana? Sudah tertantang untuk menjejakkan kaki anda di gunung tertinggi Jawa Tengah? Jika iya, siapkan fisik dan perlengkapan anda ya. Semoa artikel di atas bermanfaat dan explore terus keindahan Indonesia. Salam LESTARI!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *