Daftar 9 Fakta dan Misteri Gunung Argopuro, Jawa Timur

Diposting pada

Fakta dan Misteri Gunung Argopuro

Rekamjejak — Gunung Argopuro merupakan salah satu gunung di Jawa Timur yang populer bagi kalangan pendaki. Gunung ini menjadi gunung dengan track terpanjang di Pulau Jawa dengan ketinggian 3.088 mdpl. Gunung Argopuro memiliki tiga puncak yaitu puncak Arca, puncak Rengganis dan puncak Argopuro. Gunung yang terkenal mistis ini terletak di pegunungan Hyang Timur di Situbondo dengan 2 jalur pendakian yang sering digunakan yaitu via Baderan dan via Bremi. Jika dilihat dari administrasinya, gunung Argopuro masuk dalam wilayah 5 kabupaten yaitu Lumajang, Probolinggo, Jember, Bondowoso dan Situbondo. Track di gunung Argopuro bertipe naik turun bukit dan bentangan savana. Suasananya sangatlah asri dan masih memiliki koleksi flora dan fauna yang cukup lengkap, diantaranya burung merak, ayam hutan, babi hutan dan monyet yang sering dijumpai bahkan di jalur pendakian.

Gunung Argopuro sangat erat kaitannya dengan cerita Dewi Rengganis, putri dari raja Brawijaya yang hidup di jaman kerajaan Majapahit. Konon katanya, puncak tertinggi di Gunung Argopuro merupakan tempat tinggal Dewi Rengganis. Putri cantik ini mengasingkan diri karena keberadaanyya tidak diakui sebelumnya. Hal ini terjadi karena status dewi Rengganis merupakan putri dari selir raja Brawijaya, kemudian beliau membangun sebuah istana di puncak gunung tersebut.
Fakta dan Misteri Gunung Argopuro1

Gunung Argopuro memiliki keindahan danau yang dikenal dengan Danau Taman Hidup. Danau ini berada di lembah Gunung Argopuro. Tidak hanya pemandangannya yang indah, namun danau ini juga menyimpan cerita yang sangat mistis. Menurut cerita yang ada, danau taman hidup menjadi tempat Dewi Rengganis merenungkan tentang nasib kerajaannya. Terdapat mitos lainnya yang sangat dipercaya oleh penduduk setempat yaitu jika kamu berteriak di depan danau maka akan muncul kabut yang sangat tebal seketika dan menutupi pemandangan danau yang indah. Penduduk sekitar juga berpendapat bahwa tidak memperbolehkan pendaki untuk masuk ke dalam danau karena bisa tersedot ke dalam danau.

Misteri lainnya di gunung Argopuro yaitu keberadaan landasan pesawat di Cikasur. Cikasur merupakan padang savana yang luas dan ditumbuhi rumput ilalang dan menjadi pemandangan yang cukup menarik di sepanjang pendakian. Pembuatan landasan pesawat ini berawal dari masyarakat pribumi yang bekerja dengan iming-iming akan diberi gaji oleh pemerintah Belanda. Lama kelamaan semakin banyak masyarakat lainnya yang ikut bekerja karena tergiur dengan adanya gaji tersebut. Setelah pembangunan tersebut selesai, pemerintah Belanda malah menyuruh untuk membuat aliran air (sungai). Naasnya, saat sedang bekerja, kemudian datanglah serdadu Belanda yang membantai mereka dan mengubur secara massal di area galian sungaI tersebut. Hal ini dilakukan agar berita mengenai pembuatan landasan pesawat tersebut tidak bocor ke telinga pejuang-pejuang Indonesia.

Bagaimana, tertarik mengunjunginya? Bagi kalian yang ingin melakukan pendakian ke Gunung Argopuro, jangan lupa untuk melatih fisik sebelum pemberangkatan. Karena mengingat gunung Argopuro merupakan gunung dengan track terpanjang di Pulau Jawa. Itulah informasi mengenai fakta dan misteri Gunung Argopuro, semoga bermanfaat. Explore terus keindahan Indonesia, salam LESTARI !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *