Camping di Pantai? Ketahui Dulu Tips Camping di Pantai agar Aman dan Menyenangkan

Diposting pada

rekamjejak — Kegiatan Camping identik dengan area pegunungan, namun pernahkah anda camping di pantai? Ternyata camping di pantai memiliki sensasi yang berbeda. Keindahan pantai tidak hanya bisa dinikmati saat sunset di sore hari dan sunrise di pagi hari, namun juga bisa dinikmati saat malam hari. Anda bisa menikmati taburan bintang di langit, api unggun di pantai, suara deburan ombak dan angin sepoi-sepoi khas pantai. Dipantai, anda juga bisa membuat api unggun dan bisa juga membawa makanan untuk dibakar seperti jagung, ikan atau ayam. Bagaimana tertarik? berikut ini saya akan membagikan tips camping di pantai,tentunya agar camping anda lebih menyenangkan.

Carilah Tanah yang Datar

Carilah tempat untuk mendirikan tenda dengan pasir yang tidak terlalu lunak, agar saat menancapkan pasak dome akan mencengkeram pasir dengan kuat. Dengan begitu tenda akan tetap kokoh berdiri walaupun terkena angin. Agar tidur lebih nyaman, carilah tanah yang datar dan tidak bergelombang.

Baca Juga:

Perhatikan Jarak Tenda dengan Bibir Pantai

Penting untuk memperhatikan jarak tenda dengan bibir pantai, karena mengingat pada malam hari keadaan laut memang terlihat surut, namun pada dini hari air laut akan naik lagi bahkan lebih tinggi daripada ketika pagi hari. Agar lebih aman, cobalah mendirikan tenda di dataran yang ditumbuhi semak-semak atau pepohonan. Hal ini menjadi indikator bahwa tempat tersebut tidak terkena air laut.

Perhatikan Kedalam Pasak

Beda halnya dengan tanah gunung, tanah pantai berupa pasir yang lunak. Sebab itu, anda harus mensiasati hal tersebut dengan memasang pasak sedalam-dalamnya agar nantinya tidak lepas terkena angin laut.

Perhatikan Arah Angin dan Cara Membuat Api Unggun

Hindari arah angin menghadap tenda langsung. Biasanya angin laut ketika malam hari akan berhembus lebih kencang daripada siang hari. Sebab itu, perkuat pasak tenda untuk mencegah tenda terbawa angin ataupun terbalik. Sementara itu, untuk membuat api unggun di pantai terbilang sulit karena angin berhembus kencang. Tipsnya, sebelum menumpuk kayu, buatlah galian di pasir sedalam 10-15 cm. Fungsinya untuk menghindari hembusan angin. Dari galian tersebut, anda akan lebih mudah menyalakan api. Ingat, anda harus mematikan api sebelum tidur agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Hindari Mendirikan Tenda di Malam Hari

Mendirikan tenda di pantai memerlukan ketelitian lebih. Usahakan mendirikan tenda saat hari masih terang, karena mendirikan tenda di pasir pantai memiliki kesulitan lebih daripada di tanah.

Baca Juga:

Jangan Sisakan Sampah

Jangan meninggalkan sampah di area camping. Pastikan anda membawa plastik untuk menyimpan sampah-sampah anda. Ketika kegiatan camping selesai, anda bisa membuang sampah tersebut ke tempat sampah yang ada di sepanjang perjalanan. Jangan sesekali mengubur sampah di pasir, karena hal ini sama saja anda mengotori pasir tersebut.

Nah, itulah tips camping di pantai agar kegiatan camping anda lebih menyenangkan dan tentunya aman. Semoga bermanfaat dan explore terus keindahan Indonesia!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *