Berani Mendaki? Ini Deretan Gunung Tertinggi di Indonesia

Diposting pada

rekamjejak — Ada banyak gunung di Indonesia, tidak heran rasanya jika banyak pendaki Indonesia yang gencar untuk menjejaki kakinya dan berdiri di atas sana. Terdapat berbagai pilihan gunung-gunung di negeri ini, tidak hanya mengandalkan ketinggiannya, tapi juga memiliki pemandanan alam yang memkau. Mulai dari tanah Jawa hingga Papua terdapat beberapa deretan gunung indah yang perlu anda jejaki.

Seharusnya anda bangga menjadi bagian dari Indonesia yang keindahan alamnya tidak kalah dengan negara lain. Banyak juga misteri negara yang tergila-gila dengan kondisi pemandangan dan pesona alam yang ada di Indonesia, mulai dari pantainya dan juga gunungnya. Pantai memang indah, tapi gunung mengagumkan.

Dalam kesempatan kali ini saya akan membahas beberapa gunung tertinggi di Indonesia. Dan buat kalian para pendaki gunung, mari simak informasinya di bawah ini. Adakah diantaranya yang belum kalian jejaki? Daripada penasaran, yuk langsung cek aja!

Puncak Jaya

Gunung tertinggi pertama di Indonesia yaitu puncak Jaya atau biasa dikenal dengan Carstensz Pyramid. Gunung ini menjadi incaran pendaki untuk menaklukannya, namun untuk mencapainya memang diperlukan sebuah pengalaman yang matang dan perlengkapan yang cukup. Tidak hanya itu, anda juga perlu merogoh sejumlah uang, karena memang dana yang diperlukan cukup besar. Puncak Jaya ini memiliki ketinggian hingga 4.884 mdpl.

Puncak Mandala

Papua ternyata memiliki banyak puncak yang ada di Indonesia, hal ini terbukti dengan adanya puncak Mandala. Puncak ini memiliki ketinggian sekitar 4.760 mdpl dan merupakan bagian pegunungan bintang di bagian timur dan berada dekat dengan posisi Papua Nugini. Tidak hanya itu, dengan suhunya yang sangat dingin, anda akan dengan mudahnya menemukan salju di kawasan Puncak Mandala ini. Hal pertama yang perlu kalian lakukan sebelum melakukan ekspedisi di puncak ini yaitu mental dan fisik harus kuat.

Puncak Trikora

Puncak ini terletak di kawasan Papua Barat. Puncak Trikora biasa disebut dengan Ettiakup(merupakan sebuah gunung yang sangat indah dan memiliki pesona alam yang memukau). Trikora memiliki ketinggian sekitar 4.751 mdpl yang wajib masuk daftar gunung yang harus anda jejaki. Puncak Trikora sendiri memiliki kawasan hutan Dipterokarp bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane dan hutan Ericaceours atau hutan gunung.

Baca Juga: 15 Daftar Gunung Tertinggi Di Dunia Beserta Ketinggiannya

Puncak Ngga Pilimsit

Gunung tertinggi selanjutnya masih di Papua. Gunung ini menjulang dengan ketinggian 4.717 mdpl. Lokasi puncak Ngga Pilimsit ini hanya berjarak 21 Km ke arah Timur Laut dari pemuncak pertama gunung tertinggi di Indonesia yaitu puncak Jaya. Pendaki pertama yang menjejakkan kakinya di gunung ini yaitu Heinrich Harrer and Philip Temple pada tahun 1962.

Puncak Kerinci

Gunung kerinci ini memiliki ketinggian 3.805 mdpl yang berlokasi di Sumatera. Gunung ini terletak di provinsi Jambi yang berbatasan dengan provinsi Sumatera Barat. Gunung Kerinci dikelilingi oleh hutan lebat Taman Nasional Kerinci Seblat dan merupakan habitat harimau Sumatera dan badak Sumatera. Dari ketinggian puncak Kerinci, anda akan melihat bentangan pemandangan indah kota Jambi, Padang dan Bengkulu. Gunung Kerinci memiliki kawah seluas 400 x 120 meter dan berisi air yang berwarna hijau. Gunung Kerinci merupakan gunung berapi bertipe Stratovolcano yang masih aktif dan terakhir kali meletus pada tahun 2009.

Gunung Rinjani

Gunung rinjani berlokasi di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung ini merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia  dengan ketinggian 3.7 26 mdpl, dan merupakan gunung favorit bagi pendaki Indonesia karena keindahan pemandangannya.

Gunung Semeru

Gunung semeru merupakan gunung kerucut di Pulau Jawa dan merupakan gunung tertinggi di Jawa Timur dengan ketinggian 3.676 mdpl. Kawah di puncak Gunung Semeru dikenal dengan nama Jonggring Saloko. Salah satu ikon favorit selain puncak Mahameru yaitu Ranu Kumbolo dan mitos tentang “Tanjakan Cinta”.  Gunung ini juga pernah dijadikan latar pada film 5 cm, yang membuat gunung Semeru semakin diminati.

Baca Juga: 10 Fakta Ranu Kumbolo: Surga Tersembunyi Di Mahameru

Gunung Sanggar

Gunung Sanggar berlokasi di Nusa Tenggara Barat. Gunung ini memang tidak setenar gunung Rinjani. Namun ketinggian dari gunung Sanggar menjadi sebuah sorotan baru di kalangan pendaki. Gunung unik dengan ketinggian sekitar 3.492 mdpl ini akan memberikan pengalaman seru dan tidak kalah dengan apa yang anda rasakan di gunung Rinjani.

Gunung tertinggi di Indonesia lainnya yaitu:

  1. Gunung Rantemario (3.478 mdpl)
  2. Gunung Slamet (3.428 mdpl)
  3. Gunung Sumbing (3.371 mdpl)
  4. Gunung Yaramamafaka (3.370 mdpl)
  5. Gunung Raung (3.344 mdpl)
  6. Gunung Lawu (3.265 mdpl)
  7. Gunung Dempo (3.173 mdpl)
  8. Gunung Merbabu (3.142 mdpl)
  9. Gunung Sindoro (3.136 mdpl)
  10. Gunung Ciremai (3.084 mdpl)
  11. Gunung Agung (3.031 mdpl)

Nah, itulah daftar gunung tertinggi di Indonesia yang bisa saya bagikan. Apakah salah satunya sudah pernah anda jejaki? Berapa pun jumlah gunung yang pernah anda jejaki, jangan sampai mengotori dan mencemarinya ya. Explore terus keindahan Indonesia dan salam LESTARI!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *