Bagi Anda yang Menderita Penyakit Ini, Dilarang Naik Gunung!

Diposting pada

rekamjejak — Mendaki gunung memang menjadi salah satu hobi yang banyak diminati oleh kalangan remaja beberapa tahun belakangan. Namun, tahukah anda bahwa pendakian yang tidak disertai dengan persiapan yang matang justru bisa membahayakan pendaki? Mendaki gunung memang seru, apalagi jika bersama teman-teman. Tapi tahukah anda bahwa tidak sembarang orang yang boleh mendaki gunung? Selain harus sehat jasmani dan rohani, anda juga tidak boleh mempunyai riwayat kesehatan yang buruk atau menderita penyakit berbahaya. Nah, berikut ini daftar penyakit yang penderitanya dilarang mendaki gunung.

Penyakit Jantung

Anda memiliki riwayat penyakit jantung? Baiknya urungkan niat anda untuk mendaki gunung daripada berakibat fatal. Mengapa demikian? karena naik gunung merupakan sebuah kegiatan yang menggunakan fisik dan berintensitas berat. Saat anda mendaki, tentunya jantung akan bekerja lebih cepat dan bagi penderita jantung akan lebih rentan terkena serangan jantung mendadak ketika kelelahan  dan berpotensi pada kematian.

Menderita Gangguan Pernapasan

Bagi anda yang menderita gangguan pernapasan seperti sesak napas, sebaiknya jangan mendaki gunung. Perlu anda ketahui, kadar udara di ketinggian sangat tipis dan bisa menyebabkan kemampuan paru-paru anda bisa menurun dalam menyerap oksigen. Kondisi ini akan menyebabkan jantung anda harus bekerja lebih keras untuk mendistribusikan oksigen. Akibat dari kekurangan oksigen yaitu anda bisa pingsan bahkan lebih fatal dari itu.

Menderita Epilepsi

Baiknya bagi penderita epilepsi menghindari dari aktivitas mendaki gunung. Epilepsi atau kejang-kejang bisa saja terjadi karena kelebihan kegiatan elektrik di daerah otak anda yang menyebabkan anda tidak terkontrol. Bagi anda yang menderita epilepsi boleh saja melakukan olahraga, tapi pilihlah olahraga yang ringan dan sebaiknya jangan melakukan kegiatan yang ekstrim seperti mendaki gunung, karena bahaya jika penyakit anda kumat ketika naik gunung.

Baca Juga: Penting! Ini Dia Etika Ketika Naik Gunung

Memiliki Tekanan Darah Tinggi

Jika anda memiliki tekanan darah tinggi baiknya jangan mendaki gunung, karena aktivitas fisik yang berat seperti mendaki gunung ini akan meningkatkan tekanan darah anda. Tidak hanya itu, hal ini juga akan berdamak buruk bagi jantung dan juga pembuluh darah. Jangan terlalu memaksakan ya sahabat rekamjejak.

Menderita Penyakit Diabetes

Penderita diabetes memang tidak dilarang, tapi masuk dalam kategori waspada. Bagi penderita diabetes yang ingin mendaki, pastikan kondisi anda terkontrol dan kadar gula anda normal. Jika tidak, baiknya tunda dulu aktivitas ekstrim ini. Serem juga jika saat naik gunung mengalami cidera atau luka ringan, karena luka kecil pada penderita diabetes bisa memicu komplikasi yang serius.

Menderita Penyakit Ginjal

Bagi penderita penyakit ginjal ternyata juga dilarang untuk mendaki gunung. Pada kondisi ini, penderita membutuhkan asupan air minum lebih sedikit dari orang yang mempunyai ginjal normal untuk menghindari dehidrasi. Jika anda mengalami penurunan fungsi, maka ginjal anda tidak bisa mengeluarkan urin secara normal dan mengakibatkan air yang anda minum menumpuk dalam tubuh. Penumpukan cairan ini bisa mengakibatkan kadar garam dan elektrolit dalam cairan tubuh berubah. Akibatnya, anda akan cepat lelah dan mudah jatuh karena tubuh kekurangan garam dan natrium.

Nah, itulah daftar penyakit yang menyebabkan penderitanya dilarang mendaki gunung. Jangan terlalu memaksakan agar tidak berakibat fatal, karena semua ini juga demi keselamatan anda. Semoga bermanfaat dan salam LESTARI!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *