Anda Pendaki Pemula? Persiapan Sebelum Mendaki Gunung Ini Wajib Anda Ketahui!

Diposting pada

rekamjejak — Naik gunung sudah menjadi salah satu hobi anak milenial saat ini. Pesona naik gunung memang menjadi alternatif yang sangat populer belakangan ini. Tujuan mendaki setiap individu tentunya berbeda, ada yang sekedar untuk liburan, ada juga yang menjadikannya sebagai olahraga, bahkan ada yang hanya ingin tampil eksis di sosial media. Tidak terlepas dari apapun tujuan anda mendaki gunung, perlu anda ketahui bahwa kegiatan mendaki gunung merupakan kegiatan yang berbahaya dengan risiko yang besar bahkan mengancam keselamatan anda, terlebih bagi anda yang merupakan pendaki pemula atau newbie. Oleh sebab itu, bagi anda pendaki pemula ada beberapa persiapan yang harus diperhatikan jauh-jauh hari agar bebas hambatan dan tentunya pulang dengan selamat. Apa sajakah persiapannya? Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Doa Restu dari Orang Tua

Penting mendapat restu dari orang tua, terutama untuk keselamatan anda. Baiknya anda menceritakan dengan yakin dan yakinkan bahwa anda akan baik-baik saja selama mendaki gunung. Pergi tanpa restu orang tua akan membuat anda gelisah, hal ini akan berpengaruh terhadap perjalanan anda.

Menentukan Lokasi Pendakian

Tidak semua jalur pendakian diciptakan sama. Jika ini merupakan pendakian pertama anda, maka jangan langsung menjajal lokasi yang sulit untuk dicapai dengan level kesulitannya tinggi. Carilah lokasi dan tingkat ekstrimitas pendakian yang masih bisa ditempuh dan tidak menghabiskan waktu banyak.

Baca Juga: 14 Merek Tas Gunung Yang Terkenal Di Indonesia

Mendaki Sendiri atau Bersama Teman?

Anda harus memutuskan, apakah anda akan melakukan pendakian seorang diri atau dengan teman? Bagi pendaki yang sudah berpengalaman, mendaki gunung sendirian menjadi suatu pelarian untuk mencapai ketenangan batin. Namun, perlu anda ingat bahwa risiko mendaki sendirian sangat besar, terlebih jika anda keluar dari jalur pendakian ataupun sakit. Agar lebih aman, ajaklah beberapa teman untuk mendaki bersama , minimal 3 orang dalam satu kelompok pendakian, jika ada 1 orang yang terkena musibah, maka 1 orang bisa turun meminta bantuan dan satu orang lagi menemaninya sampai ada bantuan.

Cek Cuaca dan Lokasi Pendakian

Penting untuk anda mengetahui cuaca dan lokasi pendakian, sehingga anda bisa mengubah rencana jika diperlukan. Cobalah untuk melihat informasi di internet ataupun menanyakan langsung pada petugas setempat mengenai cuaca hari itu. Jika diperkirakan akan terjadi kabut tebal, hujan besar disertai badai petir atau bahkan siaga merapi, maka anda jangan memaksakan diri untuk tetap naik gunung. Ada baiknya anda datang lagi di lain waktu.

Persiapkan Fisik Jauh-Jauh Hari

Mendaki gunung membutuhkan fisik yang prima. Hal ini karena tubuh bisa membakar energi yang besar selama mendaki kurang dari 8 jam di area yang ekstrim. Mengingat juga bahwa mendaki gunung menyiman berbagai risiko kesehatan yang wajib anda waspadai seperti halnya hipotermia, edema paru bahkan mountain sickness. Semua risiko ini bisa terjadi pada siapa saja. Sebelum mendaki gunung, anda perlu membangun keseimbangan, kekuatan kaki dan otot punggung untuk dapat melewati jalur pendakian.

Baca Juga: 8 Tips Penting Mendaki Gunung Untuk Pemula Yang Tidak Boleh Terlewatkan

Bawalah Barang yang Diperlukan Saja

Bawalah barang yang diperlukan seperti tas carrier, kompas/GPS, jas hujan, logistik, perlengkapan masak, tenda, kotak P3K, senter, dokumen penting seperti identitas diri, kaos kaki, sarung tangan, penutup kepala, pisau serbaguna, ponsel, baju ganti, alat shalat dan alat mandi, korek api, filter air dan uang secukupnya.

Itulah beberapa persiapan sebelum mendaki gunung yang bisa anda lakukan. Ikutilah semua aturan yang ada agar anda bisa sampai puncak dengan selamat. Ingatlah, puncak hanyalah bonus, pulang ke rumah dengan selamat adalah tujuan utama. Semoga artikel ini bermanfaat. Explore terus keindahan Indonesia dan salam LESTARI!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *