Ampuh, 11 Bahan Alami Pemutih Kulit yang Bisa Anda Coba!

Diposting pada

rekamjejak — Memiliki kulit putih memang dambaan setiap wanita. Tapi faktanya tidak semua wanita dikaruniai kulit putih. Sebab itu, kebanyakan wanita akhirnya rela merogoh kocek mahal demi membeli produk tertentu untuk memutihkan kulit. Padahal masih ada cara yang lebih alami dan tentunya aman. Kebiasaan sehari-hari seperti kurang tidur juga bisa mempengaruhi kualitas kulit dan menyebabkan kulit tidak sehat. Oleh karena itu, jika anda ingin memutihkan kulit ada baiknya dimulai dari kebiasaan hidup sehat, jika perlu menggunakan bahan-bahan alami dan mudah didapat serta jauh dari efek samping. Berikut ini beberapa bahan alami yang bisa anda jadikan pemutih kulit:

Madu

Hasil gambar untuk Madu

Madu menjadi salah satu bahan alami untuk memutihkan kulit. Sejak dahulu madu dikenal sebagai bahan alami yang bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Selain bersifat antibakteri, madu juga dapat melembabkan kulit, mengikis sel kulit mati serta mengurangi bekas luka, jerawat dan noda hitam akibat penuaan. Cara membuat ramuan ini sangat mudah yaitu siapkan 1 sdm madu mentah, 1 sdt buah alpukat yang ditumbuk halus serta 1 sdt yogurt tawar. Campurkan semua bahan dan aduk hingga membentuk pasta. Oleskan pada seluruh wajah, lalu diamkan selama 20-30 menit. Setelah itu bilas menggunakan air hangat.

Bubuk Beras

Beras juga menjadi salah satu bahan alami yang dapat memutihkan kulit. Kandungan vitamin E, C, asam ferulat dan antioksidan penting lainnya mampu meningkatkan kecantikan kulit. Cara memutihkan kulit dengan bubuk beras yaitu sediakan setengah cangkir beras, air hangat dan susu secukupnya. Haluskan beras, kemudian campurkan dengan susu dan air hangat sehingga terbentuk pasta. Aplikasikan ke wajah dan leher. Diamkan selama 20-30 menit sebelum akhirnya dibilas dengan air hangat. Ulangi cara ini sebanyak 2-3 kali seminggu.

Tomat

Tomat juga dapat dimanfaatkan untuk menyehatkan dan mempercantik kulit. Hanya dengan rutin minum 1 gelas jus tomat setiap hari, kulit anda akan terlihat lebih cantik, bersinar dan bebas jerawat.

Lidah Buaya

Gambar terkait

Tanaman yang banyak dijumpai di pekarangan rumah ini mengandung komponen aloesin yang berfungsi untuk meregulasi produksi melanin kulit. Kandungan ini juga bisa memutihkan, melembutkan dan meningkatkan kecantikan kulit secara alami. Untuk pemakaiannya, anda bisa menggunakan gel lidah buayanya saja. Tapi tidak ada salahnya jika anda mencampurnya dengan air mawar untuk hasil kulit putih yang maksimal.

Pepaya

Sebagian besar buah memang baik untuk merawat kecantikan kulit, khususnya yang berwarna merah seperti pepaya. Kandungan papainnya sudah terbukti sebagai pencerah kulit. Jika anda ingin memutihkan kulit dengan pepaya, caranya yaitu siapkan 1 cangkir potongan buah pepaya, 1 sdm madu dan gel lidah buaya air lemon. Hancurkan buah pepaya hingga lembut, lalu campur dengan madu agar terbentuk pasta. Tambahkan lidah buaya atau perasan air lemon. Kemudian aplikasikan masker tersebut ke bagian wajah dan leher. Diamkan selama 15 menit sebelum akhirnya dibilas dengan air.

Baca Juga: Cara Memutihkan Gigi secara Alami Tanpa Efek Samping

Mentimun

Sama halnya dengan sayuran lainnya, mentimun juga termasuk salah satu perawatan kulit alami yang efektif. Cukup dengan menempelkan potongan mentimun ke wajah saja sudah bisa membuat perbedaan pada tampilan kulit anda. Apalagi jika dikombinasikan dengan bahan alami lainnya yang kaya manfaat, bukan tidak mungkin untuk mendapatkan kulit lebih cerah dalam hitungan hari. Cara yang bisa anda coba yaitu siapkan jus timun dan jus lemon. Campurkan kedua bahan tersebut, lalu oleskan pada kulit yang ingin dibuat lebih cerah. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air. Selain lemon, anda juga bisa mencampurkan dengan madu.

Jeruk

Jeruk kaya akan kandungan vitamin C dan agen pemutih alaminya. Untuk memutihkan kulit dengan jeruk yaitu siapkan 1 sendok teh bubuk kunyit dan beberapa sendok makan perasan jeruk. Kemudian campurkan kedua bahan tersebut hingga menjadi pasta. Aplikasikan ada kulit wajah, leher, tangan dan kaki sebelum tidur. Bilas dengan air kesesokan harinya.

Baca Juga: Tanpa Suntik Pemutih, Bahan Alami Ini Ampuh Memutihkan Wajah

Lemon

Gambar terkait

Lemon merupakan buah yang kaya akan vitamin C dan antioksidan yang bermanfaat sebagai pencerah wajah alami. Untuk caranya, celupkan cotton bud ke dalam perasan air lemon, lalu aplikasikan pada wajah. Diamkan selama beberapa menit sebelum membilasnya dengan air. Lakukan setiap hari untuk hasil yang maksimal.

Kentang

Air kentang tidak hanya bisa memutihkan, namun juga bisa memurnikan, melembabkan serta menghilangkan lingkar hitam di mata. Kandungan potasium, vitamin B, vitamin C serta kalsium dalam kentang juga bisa melembabkan, memperbarui sel kulit serta mencegah timbulnya kerutan. Cara memutihkan kulit dengan kentang yaitu siapkan 1 buah kentang dan 2 sendok makan madu. Parut kentang, lalu ambil airnya sebanyak 3 sendok makan. Campurkan air kentang tersebut dengan madu, aduk hingga rata dan aplikasikan pada kulit yang diinginkan. Diamkan selama 10-15 menit sebelum akhirnya dibilas dengan air bersih.

Wortel

Tidak hanya sehat untuk mata, wortel juga mampu mencerahkan kulit. Caranya yaitu siapkan 2-3 sendok makan lumatan wortel rebus, 2 tetes minyak vitamin E, 1 sendok teh krim susu dan beberapa tetes air perasan lemon. Campurkan semua bahan sehingga terbentuk pasta pekat. Kemudian aplikasikan pada kulit yang anda inginkan atau ingin putihkan. Diamkan beberapa saat, lalu bilas dengan air hangat.

Putih Telur

Bahan pemutih kulit alami yang bisa anda coba yaitu putih telur. Cara menggunakannya sangat mudah. Cukup oleskan putih telur tiis-tipis ke permukaan kulit yang anda inginkan, terutama wajah dan leher. Diamkan hingga mengering, lalu bilas. Tidak hanya untuk memutihkan kulit, putih telur juga dapat mengecilkan pori-pori.

 

Nah, itulah bahan alami pemutih kulit yang bisa anda gunakan untuk memutihkan kulit. Dukung terus rekamjejak dan tunggu informasi-informasi penting lainnya. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *