8 Tips Penting Mendaki Gunung Untuk Pemula Yang Tidak Boleh Terlewatkan

Diposting pada

8 Tips Penting Mendaki Gunung Untuk Pemula Yang Tidak Boleh Terlewatkan

Saat ini mendaki gunung tidak hanya dilakukan oleh pecinta alam, namun sudah banyak diminati oleh semua kalangan dan umumnya pelajar dan juga mahasiswa. Banyak diantaranya sudah berpengalaman, namun tidak sedikit juga yang masih pemula. Bagi mereka yang masih newbie dalam mendaki gunung memiliki motivasi lebih untuk mendaki karena mereka ingin mencoba pengalaman baru yang penuh dengan tantangan. Bisa juga mereka ingin mendaki gunung karena dipameri foto-foto indah digunung oleh temannya yang baru saja mendaki gunung, sehingga mereka memiliki keinginan untuk melakukan aktivitas ekstrim ini. Perlu diingat bahwa mendaki gunung untuk bisa sampai di puncak bukanlah perkara yang mudah. Banyak hal yang harus kalian persiapkan untuk sampai di puncak. Bagi kalian yang masih newbie atau pemula jangan khawatir, saya akan membagikan beberapa tips untuk kalian. Seperti apa tipsnya ? Yuk, simak langsung ulasan berikut ini.

Olahraga untuk Melatih Otot

Mendaki gunung merupakan kegiatan yang penuh tantangan. Medan yang sulit serta cuaca yang sewaktu-waktu bisa berubah dan juga minimnya kandungan oksigen di atas perlu kalian pertimbangkan. Untuk bisa menempuh medan yang sulit sebaiknya melakukan olahraga secara teratur , minimal seminggu sebelum berangkat pendakian. Olahraga yang bisa kalian lakukan yaitu lari di pagi atau sore hari. kegiatan ini bertujuan untuk melatih otot kaki agar tidak kaget dalam mendaki, karena mengingat medan yang harus dilalui tidaklah mudah. Kalian juga perlu menjaga keseimbangan, salah satunya dengan cara senam kecil seperti berdiri beberapa saat dengan satu kaki. Jika kalian rutin melakukan lari dan juga senam kecil, maka kalian lolos ke tahap persiapan awal pendakian.

Menjaga Kesehatan

Di hari terakhir sebelum kalian melakukan pendakian, penting untuk kalian istirahat dan tidak terlalu memforsir tenaga untuk berolahraga. Jagalah kesehatan, karena kesehatan merupakan hal yang paling vital dalam proses pendakian gunung. Bagaimana mungkin kalian akan melakukan pendakian dengan keadaan tidak fit ? Tapi jangan khawatir, karena saya mempunyai tips agar kesehatan kalian tetap fit. Bagi kalian yang suka begadang, lebih baik stop dulu begadangnya. Istirahatlah yang cukup serta mengkonsumsi vitamin agar badan tetap fit.

Perlengkapan saat Mendaki Gunung

Tidak hanya fisik yang harus disiapkan, namun perlengkapan mendaki juga perlu. Beberapa barang yang wajib kalian bawa yaitu carier, jaket, sarung tangan, penutup kepala, kaos kaki, sleeping bag, tenda, senter, matras, logistik, peralatan masak dan juga kamera untuk mendokumentasikan moment kalian di gunung.

Istirahatlah Saat Sampai di Pos

Sesampainya kalian di pos, istirahatkanlah badanmu, biarkan tubuhmu menyesuaikan dengan keadaan sekitar. Ada beberapa hal yang bisa kalian lakukan sebelum melakukan pendakian, misalnya melakukan retribusi, mengecek ulang barang bawaan serta breefing sebelum melakukan pendakian.

Jangan Gengsi Saat Capek

Sebagai pendaki pemula tentu kemampuan mendaki tidak seperti yang sudah berpengalaman. Oleh sebab itu, kalian tidak perlu gengsi untuk minta istirahat saat kalian sudah merasa capek. Karena banyak pendaki yang gagal muncak karena gengsi.

Jangan Jauh-Jauh dari Rombongan

Berjalanlah beriringan untuk mengantisipasi anggota kelompok terpisah atau keluar dari jalur pendakian. Jika kalian memiliki kemampuan berjalan dengan kecepatan rendah dibandingkan anggota lainnya, sebaiknya kalian beada di posisi tengah. Sehingga leader bisa mengawasi.

Jangan Memaksakan Diri Sampai Puncak, Jika Tidak Kuat !

Jangan memaksakan diri saat tubuh kalian dirasa tidak mampu untuk melanjutkan pendakian. Ingatlah bahwa kesehatan kalian lebih utama, puncak hanyalah bonus dan pulang ke rumah dengan selamat adalah tujuan utama.

Tetap Menjaga Kelestarian Alam

Ingat, kalian di gunung hanyalah tamu dan menumpang untuk beberapa hari saja. Jadi, penting untuk kalian menjaga kelestarian alam dan kebersihan gunung dengan membawa turun sampah yang kalian hasilkan. Biarkan alam tetap asri untuk generasi yang akan datang.

Itulah beberapa tips yang bisa saya bagikan untuk kalian. Gunakanlah waktu kalian dengan bijak. Jangan lupa bersyukur atas kesempatan yang telah Tuhan berikan pada kita. Lestari Alamku !

Tinggalkan Balasan