6 Makanan Wajib Dibawa Saat Mendaki Gunung biar Aman Sampai Pulang

Diposting pada

6 Makanan Wajib Dibawa Saat Mendaki Gunung

Mendaki gunung merupakan salah satu aktivitas yang ekstrem dan terbilang sangat menantang. Walau demikian, kegiatan ini sangatlah menyenangkan karena bisa melihat keindahan alam dari sudut yang berbeda. Untuk melakukannya, tentu kamu harus mempersiapkan mental dan juga energi yang cukup. Satu minggu sebelum mendaki, kamu harus rajin olahraga dengan tujuan untuk mempersiapkan fisik. Di samping itu, kamu juga harus menyiapkan makanan yang tepat sesuai kebutuhan.

Tentunya kamu tahu, mendaki gunung bukanlah perkara mudah. Tidak sedikit medan yang sulit dilalui sehingga membuat energimu terkuras. Nah, dalam hal ini kamu harus pandai memilih makanan apa saja yang harus dibawa ke gunung. Ada baiknya kamu membawa makanan yang bergizi dan praktis. Nah, berikut ini beberapa makanan yang harus dibawa ke gunung:

Oetmeal

Seringkali para pendaki gunung mengandalkan mie instan sebagai obat lapar, karena penyajiannya yang mudah. Namun, mie instan akan memberikan efek kurang baik bagi tubuhmu. Kamu juga akan merasa cepat lapar kembali, selain itu mie instan juga dinilai tidak akan memberikan asupan energi untuk tubuhmu. Sebab itu, saatnya mengganti mie instan dengan oetmeal. Penyajiannya juga sangat mudah. Selain itu, oetmeal jauh lebih banyak memberikan asupan energi ke dalam tubuhmu dibandingkan mie instan.

Roti

Roti merupakan makanan yang digunakan sebagai sumber karbohidrat yang bekerja untuk menghasilkan energi bagi tubuh. Selain sehat, roti juga sangat ringan dan tidak ribet penyajiannya saat di gunung.

Buah-Buahan
Buah-buahan juga wajib kamu bawa saat akan melakukan pendakian. Diketahui bahwa buah-buahan mengandung banyak vitamin yang baik untuk tubuh kita. Selain itu, buah-buahan ini juga akan memberikan efek segar pada kita yang mengonsumsinya. Buah yang bisa kamu bawa seperti, apel atau pir.

Beras

Beras wajib kamu bawa untuk dimasak di gunung. Beras yang sudah menjadi nasi ini merupakan sumber yang paling umum untuk kita makan. Karbohidratnya yang tinggi bisa memulihkan energi yang sudah terkuras. Sebaiknya beras yang dibawa jangan terlalu berlebihan, karena hal ini bisa menambah beban barang bawaanmu.

Coklat

Tidak sedikit orang yang menyukai coklat, terlebih para wanita. Selain rasanya yang enak, coklat ini mengandung 170 kalori dan sangat baik sekali untuk pemulihan stamina tubuh. Jika kamu akan melakukan pendakian, jangan sampai lupa untuk membawa coklat ini ya.

Madu
Jika kamu ingin kesehatan tubuhmu tetap terjaga dan tidak mudah terserang demam saat di gunung, maka saya sarankan untuk membawa madu. Mengapa demikian? karena dalam setiap sendoknya, madu mengandung 64 kalori.

Selain mempertimbangkan beberapa makanan yang harus dibawa saat mendaki, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan terutama untuk kepentingan keselamatan. Pilihlah makanan penambah stamina yang mudah dibawa, serta hindari makanan yang dapat menyebabkan gangguan pencernaan selama dalam perjalanan.

Nah, itulah beberapa makanan yang wajib kamu bawa saat mendaki gunung. Bawalah makanan yang mudah dibawa dan tentunya bergizi. Jika kamu ingin menambahkan informasi mengenai topik di atas, jangan ragu untuk membagikannya dikolom komentar ya sahabat jejak!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *