6 Daftar Tempat Wisata Alam di Bandung dan Sekitarnya

Diposting pada

rekamjejak — Bandung kerap dijuluki sebagai Paris Van Java. Desain arsitektural yang kental dengan gaya Eropa dan industri fashion yang berkembang pesat membuat Bandung memiliki karakter yang unik dan tentunya berbeda dengan Jakarta. Ketika anda mulai jenuh dengan hiruk pikuk ibukota, datanglah ke Bandung dan sekitarnya untuk menikmati keindahan alam di sana. Berikut ini daftar tempat wisata alam di Bandung dan sekitarnya, tempat dimana anda bisa bersantai sejenak untuk meredakan stres.

Leuwi Jurig

Berasal dari bahasa sunda, ‘Leuwi Jurig’ memiliki arti ‘Kolam Setan’. Menurut sejarah, jika anda mandi di Leuwi Jurig maka akan membebaskan anda dari jeratan semua ilmu hitam. Namun jangan sampai cerita mistis yang beredar ini membuat anda enggan berkunjung, karena Leuwi Jurig menyuguhka keindahan yang tidak kalah dengan Grand Canyon di Amerika. Ketika anda ke sana, pemandangan air sungai jernih yang diapit dinding bebatuan raksasa siap membius anda dengan keindahannya.

Sanghyang Heuleut

Sanghyang merupakan sebuah kolam yang dikelilingi oleh tebing-tebing putih, hutan rimbun dan juga air terjun yang menjadi sumber airnya. Menurut legenda, kolam tersembunyi yang berlokasi di Cipatat ini merupakan tempat mandinya para bidadari dari kayangan. Tidak hera rasanya jika tempat ini diberi nama ‘Sahyang’ yang artinya ‘suci’ dan ‘heuleut’ yang berarti ‘selang antara 2 waktu/dunia’ untuk menggambarkan betapa sucinya tempat pemandian para makhluk dari alam lain.

Baca Juga: Tempat Wisata Bandung yang Kekinian dan Instagrammable

The Lodge Maribaya

Berpetualang di alam terbuka memang memiliki kepuasan tersendiri. Begitu juga jika anda menghabiskan waktu di bumi perkemahan yang terletak di dataran tinggi ini. The Lodge Maribaya bukanlah tempat camping biasa, karena di tempat ini dilengkapi dengan fasilitas berkemah dan aktivitas trekking. The Lodge Maribaya dikelilingi oleh hutan pinus, air terjun dan pemandangan pegunungan yang sangat memukau. Tidak hanya sekedar tempat untuk bersantai, di The Lodge Maribaya juga menyediakan fasilitas untuk menginap, makan dan juga lokasi asyik untuk mengadakan pesta. Di tempat ini anda bisa menikmati alam sambil bersenang-senang.

Gunung Putri

Rasanya sulit dipercaya bahwa ada tempat seindah ini yang tak jauh dari keramaian kota Bandung. Lokasi Gunung Putri yaitu di Lembang, umumnya tempat ini disukai karena udaranya yang segar ataupun sekedar untuk mengunjungi Gunung Tangkuban Perahu yang ikonis. Walaupun tidak sepopuler Gunung Tangkuban Perahu, belakangan ini Gunung Putri mulai dilirik oleh para traveler karena keunikannya. Beda dengan gunung lainnya, di sini anda akan menemukan puing-puing benteng peninggalan Belanda berdiri di salah satu bukit. Puncak Gunung Putri menawarkan pemandangan indah dari hutan pinus dan panorama kota yang diselimuti oleh kabut.

Gunung Papandayan

Sebagian orang akan berpendapat bahwa mendaki gunung merupakan aktivitas yang berat dan menantang. Namun bagi para petualang sejati, Gunung Papandayan termasuk gunung yang mudah untuk didaki, karena anda hanya membutuhkan waktu 2 jam trekking untuk mencapai area untuk berkemah. Di Gunung ini anda juga bisa mengeksplorasi padang bunga Edelweis yang sungguh cantik serta spot yang tepat menunggu matahari terbit.

Baca Juga: Daftar Tempat Wisata Jogja Murah dan Instagrammable

Gunung Guntur

Gunung Guntur sering disebut Gunung Gede oleh warga lokal. Dibandingkan dengan gunung-gunung lainnya di Garut, Gunung Guntur memang tidak terlalu tinggi, namun untuk mendakinya tetap membutuhkan usaha ekstra. Dijuluki sebagai gunung Rinjani nya Garut, kecantikan Gunung Guntur memang layak disandingkan dengan gunung terindah di Lombok itu. Selain trek pendakian yang menantang, Gunung untur juga memiliki beberapa lembah, sungai, air terjun, kawah dan tentunya pemandangan alam yang cantik. Lelah anda akan terbayar lunas begitu anda tiba di puncaknya.

Di Bandung dan sekitarnya, ada banyak tempat dimana anda bisa menyeimbangkan liburan modern yang biasa anda jalani dengan pengalaman seru di tengah alam. Jika anda menyukai sesuatu yang berbau alam, maka Bandung dan sekitarnya adalah pilihan yang tepat. Itulah daftar tempat wisata alam Bandung dan sekitarnya yang bisa kami bagikan. Jika anda ingin menambahkan tempat wisata alam Bandung lainnya, silahkan bagikan di kolom komentar,ya. Semoga bermanfaat dan Explore terus keindahan Indonesia!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *