5 Wisata Budaya Jawa Timur, Saatnya Liburan Sambil Belajar!

Diposting pada

rekamjejak — Jawa Timur merupakan provinsi yang memiliki banyak objek wisata budaya yang menarik dan patut dikunjungi. Budaya-budaya yang ada di beberapa kota di Jawa Timur memang memiliki ciri khas yang hampir mirip. Namun, ada beberapa budaya yang tampak unik dan berbeda. Keunikan inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke Jawa Timur. Nah, berikut ini tempat wisata budaya di Jawa Timur yang bisa anda kunjungi.

Gallery Surabaya

Gallery ini berlokasi di jalan Yos Sudarso, Surabaya. Menariknya, galeri ini selalu ramai dikunjungi oleh para pecinta seni dan kebudayaan dan hampir setiap hari selalu ada acara dan pertunjjukan seni yang dilangsungkan di tempat ini. Selain itu, beberapa pameran seperti lukisan, pertunjukan seni musik, seni tari, pertunjukan teater dan juga perfilman sering kali digelar di tempat ini. Bagi anda yang penasaran, bisa langsung datang ke jalan Yos Sudarso, Surabaya.

Candi Singosari

Wisata budaya selanjutnya datang dari kota Malang, tepatnya di Desa Candirenggo. Candi Singosari merupakan candi hindu budha peninggalan kerajaan Singosari. Peninggalan budaya ini merupakan salah satu candi yang unik dan menarik. Lokasinya pun terletak diantara pegunungan Tengger dan Gunung Arjuno yang menyuguhkan keindahan alam yang sungguh luar biasa.

Batu Flowers Festival

Batu Flowers Festival merupakan budaya tahunan yang diadakan di Kota Batu. Dinas pariwisata dan pemerintah kota Batu diapresiasi karena mampu menunjukkan wajah kota Batu sesungguhnya. Dalam festival ini menyajikan berbagai kebudayaan, mulai dari kebudayaan khas kota Batu hingga kebudayaan modern termasuk mobil-mobil antik dari Museum Angkut.

Baca Juga:  Daftar Wisata Jawa Timur yang Lagi Hits

Krida Budaya Jawa Timur

Krida Budaya Jawa Timur ini berlokasi di Malang. Di tempat ini sering ditampilkan aneka budaya khas Jawa Timur seperti Ludruk, Ketoprak, Wayang Kulit, Wayang rang, Reog, Kuda Lumping dan Sendar tari. Saat ini juga bertambah kesenian baru yang kian berkembang pesat di Kota Malang yaitu kesenian ‘Bantengan’, dimana kesenian ini merupakan hasil kreativitas masyarakat asli Malang.

House of Sampoerna

Wisata budaya ini merupakan bangunan tua di Kota Surabaya yang sudah ada sejak tahun 1862. Namun saat ini House of Sampoerna dialihfungsikan sebagai museum, galeri seni, cafe dan juga toko. Museum ini cukup unik. Ketika anda berkunjung kesana, ada berbagai benda peninggalan sejarah serta koleksi foto dan lukisan yang bisa anda temui di House of Sampoerna. Jika anda penasaran, anda bisa berkunjung ke Taman Sampoerna 6 Surabaya, Jawa Timur. Dimana tempat ini dibuka setiap hari mulai pukul 11:00 Wib – 22:00 Wib.

Bagaimana, wisata budaya juga tidak kalah menarik bukan dengan wisata alam? Luangkan waktu anda untuk berkunjung ke wisata budaya Jawa Timur, karena selain dapat senang-senang, anda juga akan mendapat pengalaman dan pengetahuan mengenai budaya-budaya di Jawa Timur. Semoga bermanfaat dan explore terus keindahan Indonesia. Salam LESTARI!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *