40+ Daftar Wisata Alam Jogja Terbaru yang Wajib Anda Kunjungi!

Diposting pada

rekamjejak– Menikmati udara bebas sembari menikmati hal-hal seru bisa menjadi pilihan menarik saat berlibur ke Yogyakarta. Bagi anda yang ingin berhenti sejenak dari hiruk pikuk pekerjaan, mengapa tidak pergi berpetualang ke beberapa wisata alam di Jogja? Mungkin anda telah mengetahui berbagai tempat wisata seru dan beberapa tempat wisata murah di Jogja yang bisa anda kunjungi bersama keluarga atau dengan teman-teman. Namun, Jogja juga menawarkan beberapa tempat wisata alam untuk anda para petualang yang ingin menjelajahi keindahan alam Jogja yang memukau dan eksotis. Nah, berikut ini beberapa daftar tempat wisata alam Jogja yang wajib anda kunjungi:

Wisata Alam Kalibiru

Gambar terkait

Kalibiru menjadi salah satu destinasi wisata yang paling populer di Kabupaten Kulon Progo. Belakangan ini wisata Kalibiru menjadi sangat terkenal dan menjadi buah bibir dikalangan para pemburu destinasi pariwisata di Yogyakarta.

Resoinangun Garden

Hasil gambar untuk Resoinangun Garden

Kebun bunga bernama Resoinangun Garden ini dirintis oleh warga Dusun Ngepet dan Dusun Tegalsari, Desa Srigading, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Di tempat ini disediakan spot foto dan properti yang unik untuk berswafoto, seperti becak bunga, sepeda bunga, lampion hingga kursi dari bambu layak untuk anda coba. Untuk bia berburu foto instagramable disini, anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 saja.

Puncak Becici

Hasil gambar untuk Puncak Becici

Wisata yang satu ini terletak di Dusun Gunung Cilik, Desa Gunung Mutuk, Kecamatan Dlingo dan wilayah ini masih termasuk area resort pengelolaan hutan. Ada banyak pohon pinus di perbukitan ini, sehingga orang menyebutnya sebagai hutan pinus.

Baca Juga: Murah Meriah, 20 Daftar Harga Wisata Jogja 2019!

Curug Pulosari

Hasil gambar untuk Curug Pulosari

Butuh refresh otak karena stres dengan kerjaan? Cobalah untuk refreshing ke berbagai tempat sunyi dan memiliki pemandangan yang menawan untuk relaks sebentar. Salah satu rekomendasi yang bisa anda coba yaitu Curug Pulosari. Di tempat ini anda bisa menikmati nuansa hening dan kesunyian yang bisa menentramkan hati. Waktu terbaik untuk berkunjung ke Curug Pulosari yaitu ketika musim penghujan, karena air mengalir cukup besar sehingga air terjunnya bisa terlihat maksimal. Namun anda tetap harus hati-hati, karena area disini cukup licin, sehingga anda perlu menggunakan sepatu lapangan dan topi serta membawa pakaian ganti.

Bukit Pengilon

Hasil gambar untuk Bukit Pengilon

Mungkin wisata satu ini terdengar asing di telinga anda. Nama Bukit Pengilon berasal dari Bahasa Jawa yang artinya cermin. Hal ini karena di bukit tersebut ada batu yang mirip dengan cermin. Lokasinya yang luas dan menyejukkan seolah siap memanjakan anda untuk mengabadikan foto terbaik sekaligus berlama-lama disini. Camping di Bukit Pengilon akan memanjakan anda dengan pemandangan malam yang indah, terlebih saat cuaca cerah anda bisa memandangi bintang dan meraakan semilir angin laut. Satu lagi, jangan lupa mengabadikan matahari terbit dan tenggelam dengan latarbelakang laut yang indah.

Pantai Sinden dan Pulau Kalong

Hasil gambar untuk Pantai Sinden dan Pulau Kalong

Pantai Sinden bukanlah pantai berpasir putih seperti pantai pada umumnya, melainkan berupa tebing tinggi yang berbatasan langsung dengan laut. Uniknya lagi, di seberang pantai Sinden terdapat pulau along yaitu sebuah pulau karag berwarna hijau yang ditumbuhi tanaman liar. Anda bisa menyeberang kesana dengan meniti jembatan gantung dari tali berwarna biru. Dengan hempasan ombak di bawahnya, dijamin seru-seru menegangkan!

Pantai Timang

Hasil gambar untuk Pantai Timang

Bukan rahasia lagi jika di Kabupaten Gunungkidul terdapat banyak pantai yang indah, salah satunya pantai Timang. Pemandangan ombak yang menghantam tebing dan juga batu karang disini sungguh menakjubkan. Anda juga bisa menguji nyali dengan menyeberang ke pulau Watu Panjang menggunakan ‘kereta gantung’ sederhana yang terbuat dari kayu. Uniknya lagi, bukannya meluncur di kabel berbahan baja untuk menahan kereta gantung ini melainkan menggunakan tali tambang biasa.

Baca Juga: Eksotis, 25 Daftar Wisata Pantai Jogja Terpopuler!

Tirta Budi

Gambar terkait

Kolam alami dengan air sejernih kristal di tengah-tengah rimbunnya pepohonan ini merupakan lokasi impian para petualang dan wisatawan. Air yang terdapat di tempat yang juga dijuluki ‘Blue Lagoon’ ini berasal langsung dari mata air pegunungan yang begitu sejuk dan segar. Saat cuaca sedang terik-teriknya, anda dapat berenang atau terjun bebas ke air sampai bosan. Anda juga bisa merasakan sensasi pijatan di punggung dari cucuran air terjun yang terdapat di lokasi atau sekadar bersantai di gazebo yang ada di sekitar kolam.

Bukit Panguk

Gambar terkait

 

Di bukit Panguk anda bisa menikmati alam sejuk di pagi hari sambil menikmati secangkir kopi yang dapat anda rasakan saat di bukit tersebut. Jika anda sedang berwisata ke Jogja sangat disayangkan jika tidak mengunjungi wisata tersebut.

Pantai Wediombo

Gambar terkait

Pantai Wediombo cocok bagi anda yang ingin melepas beban kehidupan dan riuh kesibukan serta suasana kehidupan perkotaan yang membuat anda stress. Menikmati keindahan alam yang eksotis, pasir putih dan angin pantai yang berhembus menyejukkan menjadi salah satu cara untuk menikmati pantai ini.

Daftar Wisata alam Jogja lainnya:

  1. Taman Tebing Breksi
  2. Embung Nglanggeran
  3. Bukit Isis
  4. Air Terjun Kedung Kandang
  5. Gumuk Pasir Parangkusumo
  6. Telaga Biru Semin
  7. Bukit Kosakora
  8. Cave Tubing Kalisuci
  9. Pantai Ngetun
  10. Pantai Kayu Arum
  11. Goa Jomblang Gunungkidul
  12. Green Village Gedangsari
  13. Gunung Api Purba Nglanggeran
  14. Pantai Watu Kodok
  15. Pantai Jogan
  16. Pantai Jungwok
  17. Hutan Wanagama
  18. Pantai Sarangan
  19. Bukit Sarangan
  20. Embung Batara Sriten
  21. Air Terjun Luweng Sampang
  22. Pantai Sadeng
  23. Pantai Ngrenehan
  24. Pantai Slili
  25. Pantai Pok Tunggal
  26. Gunung Ireng Yogyakarta
  27. Pantai Watu Lawang
  28. Pantai Ngobaran
  29. Baron Technopark
  30. Pantai Kukup
  31. Pantai Wohkudu

Nah, itulah daftar wisata alam Jogja yang bisa anda kunjungi bersama keluarga dan teman-teman. Jika anda ingin menambahkan daftar wisata alam lainnya di Jogja, silahkan tulis dikolom komentar! Semoga bermanfaat dan explore terus keindahan Indonesia!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *