murah meriah tempat wisata dekat penginapan misteri terbaru 2020

25+ Daftar Wisata Pantai Jogja Populer dan Eksotis

Diposting pada

Jogja selain dikenal sebagai kota gudeg, ternyata juga memiliki banyak tempat wisata pantai yang eksotis dan menakjubkan. Pantai memang menjadi tempat wisata favorit bagi semua kalangan dan sangat cocok untuk dikunjungi bersama teman, sahabat dan keluarga. Berfoto dengan latar belakang laut memang memberikan kesenangan tersendiri, selain itu anda juga bisa mencicipi kuliner seafood yang disediakan di pantai yang anda kunjungi. Tidak perlu bingung untuk mencari wisata pantai di Jogja, karena saya akan mengulas secara singkat pantai yang ada di Jogja. Apa saja kira-kira? Simak ulasan lengkapnya berikut ini:

Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis merupakan obyek wisata pantai yang paling dikenal dan menajdi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi oleh wisatawan. Pantai ini terletak sekitar 27 km dari pusat kota Jogja dan buka setiap hari dari pagi sampai sore.

Pantai Indrayanti

Pantai ini meruakan pantai paling tersohor dan terkenal hingga mancanegara dan patut anda kunjungi ketika sedang berlibur ke Jogja. Banyak masyarakat lokal ataupun wisatawan menyebut pantai Indrayanti dengan sebutan pantai yang indah dan romantis.

Pantai Timang

Gambar terkait

Pantai Timang menjadi salah satu antai yang berada di kawasan pantai indah Gunungkidul. Untuk sampai di pantai ini, anda akan melakukan perjalanan yang cukup menantang  serta menguji adrenalin anda. Jalan yang akan dilewati sangat terjal dan berbatu serta bisa menguras tenanga. Jalan batuan di sepanjang perjalanan masuk menuju pantai Timang seperti pecahan karang yang tajam dan lancip serta medannya yang bergelombang. Tak heran rasanya jika pengunjung di pantai ini tidak sebanyak di pantai lainnya yang ada di Gunungkidul.

Pantai Ngelambor

Pantai Ngelambor merupakan pantai cantik yang dikelilingi oleh dua bukit kapur yang sangat indah. Pengunjung bisa naik ke bukit tersebut dan bisa melakukan aktivitas seperti foto-foto ataupun hanya sekedar menikmatinya saja. Menariknya lagi, tidak ada penghalang di bukit ini sehingga anda bisa leluasa menikmati panorama indah dari atas bukit ini.

Pantai Glagah

Gambar terkait

Yang paling membedakan pantai Glagah dengan pantai lainnya yaitu pantai Glagah memiliki pemecah ombak atau tetrapod yang menjorok ke arah pantai. Jadi pengunjung bia melihat dan merasakan lebih dekat deburan ombak yang terbawa angin. Di atas pemecah ombak inilah biasanya banyak para pemancing melemparkan umpan dan menunggu ikan. Pantai ini juga sudah sangat terkenal di Kulon Progo.

Pantai Pasir Kadilangu

Pantai ini merupakan pantai yang romantis dan merupakan spot foto baru di Yogyakarta. Pantai ini juga cukup populer dikalangan anak muda sejak dibukanya pada 2016 lalu. Untuk menuju pantai Pasir Kadilangu cuku mudah  karena akses jalan menuju lokasi sudah baik dan juga mudah untuk dijangkau.

Pantai Depok

Hasil gambar untuk Pantai Depok

Pantai Depok berlokasi di Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Pantai ini tidak hanya ramai dikunjungi wisatawan yang ingin menikmati keindahan pantai dan melepas kepenatan di kota. Namun lebih dari itu, pantai Depok merupakan pusatnya kuliner laut yang ada di Kabupaten Bantul. Tidak heran rasanya jika di musim liburan pantai ini ramai dikunjungi wisatawan yang ingin mencicipi hidangan laut.

Pantai Goa Cemara Bantul

Pantai Goa Cemara memiliki daya tarik tersendiri. Sesuai dengan namanya, pantai ini disebut dengan antai Goa Cemara karena adanya tumpukan pohon cemara yang berbentuk seperti goa, dimana terlihat seperti mulut goa yang berlubang. Mulut goa ini merupakan gerbang masuk untuk mengakses lokasi pantai.

Pantai Kuwaru

Pantai Kuwaru juga ditumbuhi banyak pohon cemara yang rindang, sehingga cocok digunakan untuk berteduh sembari menikmati keindahan pantai yang sejuk. Disela-sela pepohonan cemara ini menjadikan pemandangan yang menarik sehingga cocok untuk berfoto.

Baca Juga: Daftar Harga Wisata Jogja 2019, Murah Meriah dan Instagramable

Pantai Baru

Pantai Baru merupakan salah satu pantai yang masih perawan di Jogja. Karena pantainya relatif bersih, nyaman dan terbebas dari polusi udara. Pohon cemara udang yang rindang di pantai ini cocok sebagai tempat piknik keluarga. Pemandangannya semakin unik dengan adanya tugu selamat datang.

Pantai Baros

Hasil gambar untuk Pantai Baros

Pantai yang satu ini mungkin terdengar baru di wisata Jogja. Namun di pantai ini anda bisa menikmati sunset dengan sempurna. Pantai ini juga memiliki kawasan hutan mangrove yang sangat eksotis, sehingga cocok bagi anda yang gemar berfoto di hutan mangrove.

Pantai Parangendog

Pantai ini tidak jauh dari pantai parangtritis.Diberi nama paraendog karena di tempat ini banyak ditemukan batu dengan bentuk menyerupai telur atau endog dalam bahasa Jawa. Dan banyaknya batu karang yang menjorok ke laut, orang sekitar menyebutnya parang. Maka jadilah sebuah nama menjadi parangendog.

Pantai Wediombo

Hasil gambar untuk Pantai Wediombo

 

Pantai ini cocok bagi anda yang ingin melepas sejenak kesibukan dan beban kehidupan di perkotaan yang membuat anda stres. Pantai wediombo cocok untuk anda kunjungi bersama keluarga. Menikmati keindahan alam yang eksotis, pasir putih dan angin pantai yang berhembus menyejukan menjadi salah satu cara untuk menikmati pantai ini.

Pantai Jogan

Keunikan pantai Jogan belum begitu terekspos oleh media, sehingga belum banyak wisatawan lokal maupun asing yang datang ke tempat ini. Keunikan pantai Jogan yaitu air terjun yang langsung jatuh bebas dari atas tebing ke bibir pantai Jogan.

Pantai Sadeng

Pantai Sadeng merupakan salah satu pantai cantik di Gunungkidul. Yang menjadikan pantai ini istimewa yaitu karena sejarahnya yang unik. Pantai ini dipercaya sebagai bekas muara sungai Bengawan Solo Purba yang pernah mengalir ke arah selatan pada zaman dahulu kala.

Pantai Ngobaran

Hasil gambar untuk Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran diapit oleh 2 pantai cantik di sisi barat yaitu pantai Nguyahan dan di sisi timur pantai Ngrenehan. Pantai ini berbeda dengan pantai Gunungkidul umumnya, Pantai Ngobaran tidak memiliki pasir putih yang ada hanya tebing curam yang menjadikannya sangat eksotis. Pantai ini juga dikenal dengan nuansa Bali, karena terdapat pura khas pulau Dewata yang digunakan sebagai tempat ritual penganut kepercayaan tertentu di daerah ini.

Baca Juga: Memiliki Pesona Tersembunyi, Inilah 10 Tempat Wisata Alam di Malang yang Wajib Dikunjungi

Pantai Wohkudu

Patai ini merupakan pantai yang masih asri dan belum terjamah oleh banyak orang, sehingga pantai ini mendapatkan julukan yaitu surga tersembunyi. Anda akan menemukan pengalaman dan pemandangan yang berbeda saat berkunjung ke pantai ini.

Pantai Ngrumput

Tidak seperti namanya, pantai Ngrumput bukanlah sebuah pantai yang banyak ditumbuhi rumput, namun pantai ini memiliki sebuah pemandangan pantai yang eksotis dan pantai dengan pasir putih yang bersih serta berpadu dengan batu-batuan karang yang tersebar di sekitar kawasan pantai.

Pantai Sanglen

Pantai Sanglen masih tergolong alami dan sangat asri. Di sekitar pantai banyak ditemukan pohon cemara yang cukup rindang. Selain pohon cemara di pinggiran pantai ini juga dihiasi pohon pandan yang berjajar rapi dan cukup berseni.

Pantai Ngandong

Gambar terkait

Pantai Ngandong belum terkenal seperti Indrayanti, namun pesona alam dari pantai Ngandong bisa anda buktikan sendiri. Pantai ini terletak di Desa Sidoarjo, Kecamatan tepus, Kabupaten Gunungkidul atau di sebelah barat laut dari pantai Indrayanti.

Pantai Gesing

Gambar terkait

Pantai ini terletak di sebelah timur pantai Kesirat dan menawarkan pemandangan yang tidak perlu diragukan lagi. Berpetualang ke pantai ini merupakan pilihan yang tepat untuk anda melepas kepenatan dari aktivitas seharian yang cukup membosankan.

Pantai Sepanjang

Pantai Sepanjang menawarkan pemandangan yang eksotis dan sangat indah serta pantai ini memiliki pasir yang putih yang terhampar di pesisir pantai, sehingga menambah keeksotisan serta keindahan pantai ini.

Pantai Kukup

Pantai Kukup memiliki keindahan alam yang berasal dari perpaduan bukit karang dan pantai berpasir putih yang diapit oleh bukit kapur yang ada di sekitar pantai. Yang membedakan pantai Kukup dengan pantai Gunungkidul lainnya yaitu keberadaan sebuah batu karang raksasa yang lokasinya agak menjorok ke laut dan dihubungkan oleh sebuah jembatan.

Pantai Jungwok

Pantai Jungwok merupakan pantai yang masih terlihat asri dan memiliki pemandangan yang eksotis serta hamparan pasir putihnya yang sayang jika anda lewatkan. Akses menuju pantai Jungwok belum dibuka untuk kendaraan bermotor dan hanya bisa ditempuh dengan jalan kaki.

Pantai Ngeden

Hasil gambar untuk Pantai Ngedan

 

Selain bersih, alami dan asri, pantai Ngeden masih sepi pengunjung karena memang tidak banyak wisatawan yang mengetahuinya. Pantai Ngeden terletak di antara jajaran pantai Gunungkidul lainnya di sebelah timur ada pantai Ngebaran dan disebalah baratnya yaitu pantai Butuh.

Nah, itulah beberapa rekomendasi daftar tempat wisata pantai di Jogja yang bisa saya bagikan. Semoga artikel ini bisa membantu anda dalam memperoleh informasi yang anda butuhkan. Happy traveling dan explore terus keindahan Indonesia!

Tinggalkan Balasan