15 Daftar Gunung Tertinggi di Dunia Beserta Ketinggiannya

Diposting pada

rekamjejak — Ada banyak gunung di seluruh dunia dengan ketinggiannya yang berbeda-beda, mulai dari yang pendek hingga gunung yang sangat tinggi. Semakin tinggi gunung, biasanya tingkat bahaya juga semakin besar. Berikut ini ada 15 gunung tertinggi di dunia yang sudah saya rangkum untuk anda.

Gunung Everest

Gunung Everest terletak di pegunungan Himalaya yang membentang di wilayah Tiongkok dan Nepal. Nama Everest ini berasal dari nama Sir George Everest yang diberikan oleh Sir Andrew Waugh. Puncak gunung Everest memiliki ketinggian 8.850 mdpl, walaupun terdapat beberapa variasi dari segi ukuran baik itu dari pemerintah Tiongkok maupun Nepal.

Gunung K2

Gunung K2 memiliki ketinggian 8.611 mdpl yang terletak di pegunungan Himalaya yang wilayahnya mencakup Tiongkok dan Pakistan. Gunung K2 biasa disebut dengan gunung Godwin Austen yang berasal dari nama pendaki pertama gunung ini. Jika dibandingkan dengan gunung Everest, gunung K2 terkenal lebih kejam dan terbukti jumlah pendaki yang mencapai puncak lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah pendaki yang mencapai Everest. Gunung K2 termasuk gunung yang sulit ditaklukkan oleh para pendaki, karena udara dingin yang sangat menusuk kulit ditambah lagi dengan kemungkinan badai salju yang sulit untuk diprediksi.

Gunung Kangchenjunga

Gunung tertinggi selanjutnya yaitu Kangchenjunga yang memiliki arti “Lima Harta Karun Salju”, karena terdiri dari 5 puncak dan empat diantaranya memiliki ketinggian lebih dari 8.450 mdpl. Puncak tertingginya memiliki ketinggian 8.586 mdpl. Gunung ini merupakan gugusan pegunungan Himalaya yang mencakup wilayah Nepal dan India.

Gunung Lhotse

Gunung Lhotse memiliki ketinggian 8.516 mdpl yang letaknya di utara wilayah Nepal dan Tiongkok. Pendaki pertama gunung Lhotse yaitu Fritz Luschinger dan Ernst Reiss pada tahun 1956.

Gunung Makalu

Gunung Makalu merupakan gunung tertinggi kelima di dunia dengan ketinggiannya 8.481 mdpl yang masih termasuk dalam gugusan pegunungan Himalaya yang mencakup wilayah Nepal dan Tiongkok. Gunung ini memiliki bentuk yang sangat unik yaitu berupa piramida empat sisi. Gunung Makalu juga merupakan salah satu gunung yang puncaknya sulit untuk ditaklukkan.

Baca Juga: Menguak Misteri 5 Gunung Terangker Di Dunia

Gunung ChoOyu

Gunung ChoOyu terletak di wilayah Khumbu yaitu sebelah timur wilayah Nepal dan di sepanjang perbatasan Tibet dengan ketinggian puncaknya 8.201 mdpl. Gunung ini juga berlokasi tidak jauh d sebelah barat gunung Everest dan gunung Lhotse, sehingga menciptakan jajaran gunung megah yang membentang luas.

Gunung Dhaulagiri

Gunung tertinggi ke tujuh di dunia yaitu gunung Dhaulagiri yang masih termasuk dalam gugusan pegunungan Himalaya yang mencakup wilayah Nepal dengan ketinggian 8.167 mdpl.

Gunung Manaslu

Gunung Manaslu memiliki ketinggian 8.163 mdpl dan letaknya di wilayah Mansiri Himal, yaitu wilayah bagian dari pegunungan Himalaya.

Gunung Parbat

Gunung Parbat terkenal dengan tingkat kesulitan medannya yang berat setelah gunung K2, bahkan mendapat julukan “The Man Eater”. Herman Buhl merupakan pendaki pertama yang mampu menaklukkan gunung ini. Gunung Parbat masih termasuk dalam gugusan pegunungan Himalaya yang terletak di bagian utara negara Pakistan dengan ketinggian 8.126 mdpl atau sekitar 26.660 kaki.

Gunung Annapurna

Gunung Annapurna memiliki beberapa nama lain seperti Morshiadi dan Annporna. Gunung ini masih termasuk dalam gugusan pegunungan Himalaya yang mencakup wilayah negara Nepal. Gunung Annapurna memiliki beberapa puncak, dan puncak tertingginya bernama Annapurna I dengan ketinggian 8.091 mdpl. Pendaki pertama yang berhasil menaklukkan gunung ini yaitu Maurice Herzog dan Louis Lachenal pada tahun 1950.

Gunung terbesar di dunia lainnya yaitu:

  1. Gunung Gasherbrum I (8.068 mdpl)
  2. Gunung Broad (8.047 mdpl)
  3. Gunung Gasherbrum II (8.035 mdpl)
  4. Gunung Shishapangma (8.013 mdpl)
  5. Gunung Annapurna II (7.937 mdpl)

Baca Juga: 8 Tips Penting Mendaki Gunung Untuk Pemula Yang Tidak Boleh Terlewatkan

Itulah 15 daftar gunung tertinggi di dunia yang bisa saya bagikan untuk anda. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda. Salam LESTARI!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *