14 Cara Memutihkan Leher Secara Alami dan Mudah Dilakukan!

Diposting pada

rekamjejak — Area leher memang tidak begitu terekspos oleh sinar matahari layaknya bagian tubuh lainnya, namun ada kemungkinan bahwa leher akan menjadi gelap. Faktor bertambahnya usia juga bisa menjadi penyebab warna kulit leher bertambah hitam. Faktor lainnya bisa dari kelainan genetik, diabetes, kurangnya menjaga kebersihan diri, serta berkurang atau bertambahnya berat badan secara mendadak. Ada banyak cara untuk memutihkan leher secara alami. Bagi anda yang memiliki leher gelap sehingga menurunkan rasa percaya diri, maka bahan-bahan alami berikut ini siap menolong anda.

Tepung Kacang Panjang

Jika anda ingin memutihkan leher, cobalah menggunakan scrub dari tepung kacang panjang. Pakai juga kunyit sebagai bahan kombinasi yang akan memaksimalkan cara kerja tepung ini. Caranya mudah, sediakan tepung kacang panjang sebanyak 2 sendok teh, lalu campurkan dengan kunyit yang telah ditumbuk sejumput saja. Tambahkan air dan aduk hingga membentuk pasta. Kemudian balurkan pasta tersebut pada leher yang berwarna gelap. Tunggu hingga kering kira-kira 20 menit. Gunakan air dingin untuk membilasnya.

Kentang

Kandungan dalam kentang juga akan membantu anda mendapatkan warna kulit leher sesuai yang anda harapkan. Cara membuatnya yaitu siapkan kentang secukupnya lalu kupas. Giling kentang tersebut sehingga memperoleh jus kentang. Balurkan pada kulit leher yang gelap secara menyeluruh. Tunggu sekitar 15 menit sebelum anda membasuh leher untuk membersihkannya menggunakan air dingin.

Kulit Jeruk

Kulit jeruk merupakan bahan yang akan membantu anda memutihkan kulit, termasuk leher. Kandungan vitamin C nya akan membuat leher anda kembali bersih dan cerah seperti yang anda dambakan. Cara membuatnya yaitu keringkan kulit jeruk, namun hindari terkena sinar matahari langsung. Letakkan pada tempat yang kering nan sejuk. Setelah itu giling hingga menjadi bubuk lalu tambahkan susu bubuk dengan perbandinagn 1:1. Campur kedua bahan tersebut dengan cara mengaduknya. Kemudian balurkan pada leher anda yang gelap selama beberapa menit, lalu bersihkan menggunakan air dingin.

Baca Juga: Cara Memutihkan Wajah dengan Jeruk Nipis

Lidah Buaya

Lidah buaya memang kaya akan manfaat, selain untuk melembabkan dan menghaluskan kulit, ternyata lidah buaya juga mampu mencerahkan kulit. Untuk memutihkan leher, lidah buaya adalah salah satu bahan yang tepat. Caranya sangat mudah yaitu ambil lidah buaya dan kupas kulitnya. Setelah itu, lendir dari lidah buaya bisa anda gosokkan pada leher sambil dipijat secara perlahan. Tunggu kira-kira 20 menit, lalu bilas menggunakan air hangat. Untuk hasil yang maksimal, anda bisa menggunakan perawatan ini secara rutin.

Pepaya

Untuk memutihkan leher, anda juga bisa menggunakan pepaya. Caranya yaitu ambillah pepaya yang masih mentah, lalu parut kemudian dilanjutkan dengan memerasnya menggunakan saringan ataupun kain halus. Tambahkan sedikit air agar parutan mudah diperas. Setelah mendapatkan jusnya, oleskan ke bagian leher secara menyeluruh. Tunggu sekitar 20 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih.

Pisang

Tidak hanya bermanfaat bagi anda yang menjalankan program diet, ternyata pisang juga dapat membantu anda yang ingin memutihkan kulit, termasuk leher. Caranya sangat mudah, siapkan pisang lalu giling hingga menyerupai jus. Tambahkan minyak xaitun dengan perbandingan 3:1. Oleskan pada leher dan tunggu hingga 15 menit. Setelah itu bilas dengan air.

Stroberi dan Pepaya

Stroberi memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, sehingga ampuh untuk dijadikan pemutih alami kulit. Cara membutnya yaitu ambil jus pepaya dan jus stroberi, lalu campur hingga rata. Kemudian aplikasikan langsung pada leher anda dan diamkan selama 10 menit. Setelah itu bilas dengan air. Lakukan perawatan ini secara rutin, agar sel kulit yang mengalami kerusakan dapat diperbaiki secara lebih optimal.

Lemon

Asam sitrat dalam lemon dan vitamin C nya yang tinggi dapat anda andalkan untuk memutihkan kulit leher. Kandungan tersebut yang akan mencerahkan warna kulit sekaligus menghilangkan sel-sel kulit dengan baik. Cara membuatnya yaitu peras lemon yang sudah disiapkan dan langsung oleskan perasan lemon tersebut pada leher yang menggelap. Jika kulit anda sensitif, ada baiknya air perasan lemon ditambahkan dengan air agar efek sensitifnya dapat terminimalisir. Diamkan selama 20 menit lalu bilas menggunakan air dingin.

Air Cucian Beras

Cara termudah untuk memutihkan leher yaitu menggunakan air cucian beras. Caranya sangat mudah, Layaknya ketika hendak memasak nasi, beras perlu anda cuci 4-5 kali. Untuk merawat kulit leher, bilasan pertamalah yang bisa anda pakai. Gosok-gosoklah bagian leher secara lembut. Setelah mengering, anda bisa mencucinya menggunakan air bersih. Untuk hasil yang maksimal, anda bisa melakukan perawatan ini secara rutin.

Bengkoang

Bengkoang memang kaya akan manfaat bagi kesehatan kulit. Tidak heran jika sarinya sering dipakai dalam produk perawatan kulit dan pelembab. Cara penggunaannya sederhana yaitu siapkan bengkoang sesuai dengan kebutuhan anda lalu haluskan. Setelah halus, terapkan pada area leher dan tunggu hingga 15 menit. Setelah itu anda bisa membilasnya menggunakan air bersih. Lakukan perawatan ini secara teratur agar memperoleh hasil yang maksimal.

Garam dan Jeruk Nipis

Kombinasi antara garam dan jeruk nipis bisa membantu anda mencerahkan dan memutihkan leher. Caranya juga mudah yaitu peras jeruk nipis dan siapkan juga air hangat dalam mangkuk, kemudian tambah dengan air perasan jeruk nipis serta tambah garam secukupnya. Setelah tercampur, oleskan kombinasi bahan tersebut pada leher secara menyeluruh. Lakukan perawatan ini setiap hari atau beberapa kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal.

Baca Juga: Cara Memutihkan Ketiak secara Alami

Mentimun

Mentimun adalah bahan makanan yang kaya akan air dan bisa diandalkan untuk mencerahkan kulit, termasuk leher. Cara penggunaannya yaitu ambil jus mentimun atau parut untuk dibalurkan secara merata pada leher selama 10 menit. Setelah itu bilas menggunakan air bersih.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun memang dikenal baik dalam melembabkan kulit dan juga efektif untuk mencerahkan kulit, termasuk leher. Caranya yaitu sediakan beberapa tetes minyak zaitun dan tambahkan dengan jus lemon. Campurkan kedua bahan tersebut, lalu balurkan pada leher yang berwarna gelap. Setelah 20 menit, bilas menggunakan air.

Bubuk Cendana dan Air Mawar

Kombinasi antara bubuk cendana dan air mawar juga dapat memutihkan kulit leher. perawatan dengan dua bahan ini termasuk simpel dan bermanfaat bagi anda. Caranya yaitu ambil sesendok teh bubuk cendana lalu dicampurkan dengan air mawar secukupnya. Aduk hingga menjadi pasta, kemudian oleskan pada leher sebelum anda tidur. Keesokan paginya barulah anda membilasnya hingga bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Itulah sederet cara memutihkan leher secara alami yang bisa anda lakukan di rumah. Pilihlah cara yang paling sesuai dengan keinginan anda. Dukung terus rekamjejak dan tunggu informasi-informasi penting lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *